Aukus, Aliansi Keamanan Baru di Kawasan Indo-Pasifik

Aukus, Aliansi Keamanan Baru di Kawasan Indo-Pasifik

Grafis Amerika Serikat
19 September 2021 09:55
WILAYAH kawasan yang terletak di Laut China Selatan telah lama mengalami konflik. Hal ini disebabkan klaim sepihak Tiongkok atas perbatasan wilayah lautnya. Konflik yang melibatkan banyak negara ini mengundang perhatian dari ‘Negeri Paman Sam’.

Amerika Serikat yang juga memiliki kepentingan di wilayah kawasan merasa terganggu dengan mulai menguatnya kekuatan Tiongkok di kawasan. Untuk mengurangi pengaruh Tiongkok, Amerika Serikat membangun banyak aliansi di wilayah kawasan. Setelah sebelumnya membangun aliansi The Quad yang digawangin 4 negara, kini Amerika Serikat membangun Aliansi Aukus.

Aliansi Aukus merupakan bentuk kerja sama Amerika Serikat, Inggris, dan Australia yang bertujuan menjaga kemanan di wilayah Indo-Pasifik. Aliansi ini awalnya akan memberikan Australia kekuatan kapal selam nuklir untuk menguatkan posisi Australia di wilayah kawasan.

Hal ini juga bertujuan untuk mengurang pengaruh Tiongkok di wilayah kawasan dan menjaga keamanan kawasan.
 
Hai Sobat Medcom, terima kasih sudah menjadikan Medcom.id sebagai referensi terbaikmu. Kami ingin lebih mengenali kebutuhanmu. Bantu kami mengisi angket ini yuk https://tinyurl.com/MedcomSurvey2021 dan dapatkan saldo Go-Pay/Ovo @Rp 50 ribu untuk 20 pemberi masukan paling berkesan. Salam hangat.

Dok Media Indonesia
(WWD)

Bagaimana tanggapan anda mengenai foto ini?

Aktifkan notifikasi untuk mendapatkan berita terkini dari medcom.id Notifikasi dapat dimatikan kapanpun dari pengaturan browser

push notif

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif