Sekolah di Sulut Siap PTM

Sekolah di Sulut Siap PTM

Grafis pendidikan
19 Juni 2021 08:33
SATUAN pendidikan di Sulawesi Utara, mulai PAUD, TK, SD, SMP, hingga SMA sudah siap untuk melakukan pembelajaran tatap muka (PTM) pada Juli 2021.

Pengawas Ahli Utama Dinas Pendidikan Sulawesi Utara, Hermanus Bawuoh mengatakan keyakinan pemerintah di Sulawesi Utara melakukan PTM karena telah sukses melakukan uji coba PTM sejak tiga bulan terakhir.

“Puji Tuhan uji coba PTM yang dilaksanakan di Sulawesi Utara berjalan dengan baik, dan tidak ada info adanya klaster covid-19 dari sekolah,” terangnya saat menjadi salah satu narasumber dalam FGD PTM 2021 yang digelar Media Indonesia dengan tema Kesehatan dan keselamatan wilayah Sulawesi Indonesia melalui kanal Youtube Media Indonesia, Jumat, 18 Juni 2021.

Menurut Hermanus, karena tidak adanya klaster sekolah, pemerintah di Sulawesi Utara yakin PTM yang akan direncanakan Juli mendatang bisa dilakukan. Yang pasti, tegasnya, berdasarkan penyampaian Kepala Dinas Pendidikan Sulawesi Utara, sekolah yang boleh PTM harus dapat izin.

Hermanus menjelaskan saat ini sejatinya sudah ada beberapa sekolah yang melakukan PTM di Sulawesi Utara. Sekolah tersebut ialah SMA 3 Bitung, SMA 1 Bitung, SMA Negeri 1 Tahuna, SMA 3 Manado, SMA Tompaso, SMA Amurang, dan beberapa sekolah lainnya.

“Nah, khusus SMA 3 Bitung dijadikan sekolah percontohan PTM karena menerapkan protokol kesehatan yang baik,” ungkapnya.

Dengan segala kesiapan yang ada, Hermanus percaya sekolah di Sulawesi Utara bisa melakukan PTM sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan pemerintah pusat. Terlebih, lanjutnya, jumlah guru yang sudah menerima vaksin covid-19 di Sulawesi Utara hampir tuntas. Untuk tahap 1 sudah 90% guru divaksinasi, sedangkan tahap 2 sudah 75%. Untuk sisanya yang belum divaksinasi menyusul.

Dengan tingkat vaksinasi yang begitu tinggi ini juga membuat semakin yakin bahwa PTM di Sulawesi Utara segera berjalan seutuhnya. Hermanus menambahkan, sebelumnya khususnya di awal pandemi 92% sekolah di Sulawesi Utara menerapkan pembelajaran daring, sedangkan 8% melalui luring dan guru keliling.

Skenario
Sekolah Menengah Atas (SMA) di Palu, Sulawesi Tengah, juga sudah bersiap menyambut PTM pada tahun ajaran baru pada Juli ini. Bahkan, salah satunya ialah SMA Negeri 1 Palu yang telah menyiapkan pelbagai skenario PTM. 
 
Kepala SMA Negeri 1 Palu, Zulfikar Is Paudi, mengatakan langkah menyambut PTM ialah mengisi daftar periksa dan kesiapan PTM. Selain itu, pembentukan Satgas Covid-19
tingkat sekolah, menyiapkan sarana pendukung, seperti ruangan disinfektan, tempat cuci tangan, toilet bersih, termoghun, dan masker.

“Termasuk kami akan melakukan koordinasi dan kerja sama dengan fasilitas kesehatan terdekat seperti puskesmas,” terangnya di acara yang sama.

Menurut Zulfi kar, dalam skenario menjelang PTM ini hanya guru yang telah divaksinasi bisa melakukan PTM. Sementara itu, yang belum divaksinasi hanya bisa memberikan pembelajaran melalui daring.

Zulfikar mengaku, skenario lainnya yang telah mereka siapkan ialah menyiapkan perangkat kurikulum (penyederhanaan kurikulum) dengan menyesuaikan jam pelajaran yang nantinya akan diterapkan saat PTM.

“Termasuk nantinya kami membagi sif jumlah peserta didik dalam satu ruang belajar, yang bergantian masuk antara 25% atau 50% peserta didik,” ujarnya. Dok Media Indonesia
(WWD)

Bagaimana tanggapan anda mengenai foto ini?

Aktifkan notifikasi untuk mendapatkan berita terkini dari medcom.id Notifikasi dapat dimatikan kapanpun dari pengaturan browser

push notif

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif