500 Ribu Dosis Vaksin Janssen Tiba

500 Ribu Dosis Vaksin Janssen Tiba

Grafis Virus Korona
12 September 2021 07:34
PEMERINTAH kembali menambah pasokan vaksin covid-19 untuk memenuhi kebutuhan dalam pelaksanaan program vaksinasi nasional. Adapun untuk pertama kalinya, Indonesia kedatangan vaksin Janssen (Johnson & Johnson) sejumlah 500 ribu dosis.

“Ini merupakan realisasi dukungan kerja sama Belanda yang ketiga kalinya. Sebelumnya, Indonesia telah menerima 657 ribu dosis vaksin Astrazeneca dari Belanda sebagai bagian komitmen dose-sharing sebanyak tiga juta dosis,” kata Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, Retno LP Marsudi, dalam keterangan pers menyambut kedatangan vaksin covid-19 tahap ke-56 melalui Bandar Udara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu, 11 September 2021.

Dalam keterangan pers yang juga dihadiri Duta Besar Kerajaan Belanda untuk Indonesia Lambert Grijns ini, Menlu RI pun menyampaikan apresiasi atas dukungan penanganan pandemi covid-19 yang diberikan pemerintah Belanda.

Sebelumnya, pada 7 September 2021, Badan Pengawas Obat dan Makanan (POM) telah menerbitkan izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA) bagi vaksin covid-19 dengan merek Janssen Covid-19 Vaccine.

Retno menyampaikan masih banyak tantangan yang harus dilalui sebelum peperangan melawan pandemi dapat dimenangi. Namun, ia memastikan mesin diplomasi Indonesia akan terus bergerak dengan kecepatan penuh untuk memenuhi kebutuhan vaksin nasional dan menyuarakan akses yang adil terhadap vaksin untuk semua negara.

Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono menambahkan, Indonesia kemarin menerima dua vaksin sekaligus, yakni Janssen dan Sinovac, dalam bentuk jadi.

“Pagi ini kita menyambut kedatangan dua vaksin sekaligus, yaitu vaksin Janssen dan Sinovac,” ujar Dante dalam konferensi pers kedatangan vaksin tahap ke-56 dan tahap ke-57, di Jakarta.
 
Dijelaskan vaksin Janssen itu merupakan bantuan dari pemerintah Belanda melalui skema bilateral. Ia menambahkan, untuk vaksin Sinovac yang juga diterima kemarin dalam bentuk jadi sebanyak 2.075.000 dosis melalui kerja sama dengan Covax Facility.

“Jika dihitung dari kedatangan pertama pada Desember 2020, hingga tahap ke-56 dan 57 hari ini, Indonesia sudah memiliki total lebih dari 232 juta dosis vaksin, baik dalam bentuk bahan baku maupun vaksin dosis jadi,” papar Dante. Dok Media Indonesia
(WWD)

Bagaimana tanggapan anda mengenai foto ini?

Aktifkan notifikasi untuk mendapatkan berita terkini dari medcom.id Notifikasi dapat dimatikan kapanpun dari pengaturan browser

push notif

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif