Vaksinasi Mandiri Butuh 7,5 Juta Dosis

Grafis vaksin covid-19
26 Februari 2021 08:30
KAMAR Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) mencatat terdapat 6.644 perusahaan yang telah mendaftarkan diri sebagai fasilitator program vaksinasi gotong royong atau mandiri. Sementara itu, kebutuhan vaksin covid-19 bagi karyawan diperkirakan mencapai 7,5 juta dosis.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan bahwa pemerintah sudah memastikan vaksinasi covid-19 kategori gotong royong akan tersedia pada Maret 2021. Jumlah sementara yang disediakan untuk swasta sebanyak 3,5 juta dosis.

Pemerintah juga memastikan vaksin gotong royong akan diberikan secara gratis. Saat ini, ada dua kategori vaksinasi di Indonesia, baik vaksin mandiri atau pun bantuan pemerintah (subsidi). Kedua jenis vaksinasi itu akan diberikan secara gratis.

Untuk vaksinasi mandiri, skema vaksinasi akan difasilitasi para pemilik perusahaan atau swasta kepada karyawan. Sementara itu, vaksin subsidi ditangani langsung pemerintah.

“Ada dua vaksin, gratis dan vaksin gotong royong, jangan salah artikan, vaksin gotong royong juga gratis. Tapi, diberikan kesempatan ke swasta yang ingin mengadakan dan bagikan ke pekerjanya yang selama ini sudah bekerja dan loyal kepada perusahaan tersebut,” kata Erick di acara CNBC Indonesia Economic Outlook 2021 secara virtual, Kamis, 25 Februari 2021.

Secara umum, pemerintah menargetkan akan ada 360 juta vaksin yang nantinya diberikan kepada 70% dari total penduduk Indonesia. Jumlah vaksin itu akan digunakan untuk vaksinasi mandiri dan subsidi.

Khusus untuk ketersediaan vaksin covid-19 dari Sinopharm dan Moderna di Indonesia mencapai 20,20 juta dosis. Dua produsen farmasi global itu, masing-masing akan menyediakan 15 juta dan 5,2 juta dosis vaksin.

Meski begitu, pengiriman vaksin akan dilakukan secara bertahap. Sinopharm mulai mendistribusikan vaksin ke Indonesia pada Maret-Juni 2021. Adapun Moderna akan mulai mengirim pada Juli-Oktober 2021.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan akan ada pasokan vaksin mandiri dari Tiongkok (Sinopharm) yang masuk Indonesia pada Maret 2021.

“Saya sampaikan kami sudah engage dengan Sinopharm. Kami akan alokasikan untuk vaksin mandiri,” ungkapnya.

Sosialisasi
Vaksinasi nasional ternyata tidak semulus seperti yang diharapkan. Proses pendataan warga untuk vaksinasi covid19 di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, masih terkendala adanya penolakan sejumlah
warga.

Mereka rata-rata mengatakan takut efek samping setelah divaksin. Di Desa Jragan, Kabupaten Temanggung, sejumlah kader posyandu di desa itu tidak bersedia menyerahkan data berupa foto kartu tanda penduduk (KTP) saat berlangsung pendataan untuk keperluan vaksinasi.

Sementara itu, kemarin sebanyak 500 orang jurnalis di Provinsi Kalimantan Selatan menyatakan segera menjalani vaksinasi. “Kita telah mengusulkan sebanyak 500 jurnalis di Kalsel mendapatkan vaksinasi,” ungkap Ketua PWI Kalsel, Zainal Helmi, kemarin. 

Hal ini sebagai bentuk dukungan terhadap program vaksinasi covid -19 yang dijalankan pemerintah. Menurut Helmi, untuk memerangi penyebaran covid-19 ini perlu dukungan semua pihak, terutama kalangan jurnalis. Dok Media Indonesia
(WWD)

Bagaimana tanggapan anda mengenai foto ini?

Aktifkan notifikasi untuk mendapatkan berita terkini dari medcom.id Notifikasi dapat dimatikan kapanpun dari pengaturan browser

push notif

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif