Dampak Berbahaya Letusan Gunung Berapi Bawah Laut Hunga-Tonga-Hunga-Ha'apai

Dampak Berbahaya Letusan Gunung Berapi Bawah Laut Hunga-Tonga-Hunga-Ha'apai

Grafis Erupsi Gunung
23 Januari 2022 12:10
GUNUNG berapi bawah laut Hunga-Tonga-Hunga-Ha'apai yang terletak di Tonga mengalami peningkatan aktivitas vulkanis dari Desember 2021 dan mencapai puncak pada 15 Januari 2022. Letusan gunung berapi itu menimbulkan dampak pada wilayah di sekitarnya, terutama wilayah Tonga.

Menurut data PBB, 84 ribu penduduk Tonga terkena dampak erupsi gunung bawah laut itu. Sementara itu, di wilayah Pasifik letusan gunung berapi ini menimbulkan tsunami yang menerjang kawasan pantai di beberapa negara. Selain tsunami dan getaran, letusan tersebut berdampak pada munculnya hujan asam yang menyebabkan tercemarnya air bersih di wilayah Tonga.

Upaya penyelamatan mengalami kendala karena terputusnya akses laut dan sulitnya mengirimkan bantuan udara ke wilayah Tonga. Namun, negara tetangga, seperti Selandia Baru dan Australia, terus berupaya mengirimkan bantuan ke Tonga. Bantuan itu diberikan dalam bentuk alat kesehatan, uang, dan kebutuhan lain yang dapat digunakan untuk memperbaiki infrastruktur. Selain bantuan tersebut, Selandia Baru mengirimkan HMNZS Wellington yang dapat menyuplai kebutuhan air bersih bagi warga Tonga. Dokumentasi: Fokus Media Indonesia (IMR)
(KHL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai foto ini?

Aktifkan notifikasi untuk mendapatkan berita terkini dari medcom.id Notifikasi dapat dimatikan kapanpun dari pengaturan browser

push notif

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif