Melihat Peluang Lulusan Sarjana dalam Menghadapi Dunia Kerja

Melihat Peluang Lulusan Sarjana dalam Menghadapi Dunia Kerja

Grafis lapangan pekerjaan
23 September 2021 09:09
PANDEMI yang melanda Indonesia pada Maret 2020, menimbulkan banyak permasalahan. Salah satu masalah yang muncul ialah berkurangnya lapangan pekerjaan. Menurut data BPS, dari 100 orang angkatan kerja terdapat sekitar enam orang yang menganggur atau sekitar 6,26% dari jumlah angkatan kerja.

Merujuk data yang dikeluarkan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi pada 2020 terdapat 1.535.074 orang lulusan perguruan tinggi dan ada 2.483.213 mahasiswa terdaftar di perguruan tinggi. Jumlah mahasiswa yang lulus dan masih berkuliah saat ini tentunya akan memperberat persaingan dalam dunia kerja yang terdampak pandemi covid-19.

Merujuk data BPS pada Februari 2021, terdapat 19,10 juta orang penduduk usia kerja yang terdampak covid-19. Masalah yang terbesar ialah pengangguran yang bertambah 1,62 juta orang akibat pandemi covid-19. Permasalahan pada serapan dunia kerja dengan lulusan perguruan tinggi ini telah menjadi perhatian pemerintah.

Program Kampus Merdeka dihadirkan pemerintah sebagai upaya memperkuat kualitas lulusan perguruan tinggi agar dapat terserap dalam dunia kerja. Dok Media Indonesia
(WWD)

Bagaimana tanggapan anda mengenai foto ini?

Aktifkan notifikasi untuk mendapatkan berita terkini dari medcom.id Notifikasi dapat dimatikan kapanpun dari pengaturan browser

push notif

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif