Gejala dan Penanganan Omicron BA.4 dan BA.5

Gejala dan Penanganan Omicron BA.4 dan BA.5

Grafis Omicron
14 Juni 2022 15:41
Jakarta: Dokter Spesialis Paru Erlina Burhan mengungkapkan gejala covid-19 varian BA.4 dan BA.5. Gejala yang timbul mirip dengan Omicron.
 
“Gejala terbanyak memang gejala saluran pernapasan atas,” kata Erlina dalam telekonferensi di Jakarta, Minggu, 12 Juni 2022.

Erlina memerinci gejala tersebut mulai dari hidung tersumbat, batuk, hingga sesak napas. Gejala lainnya ialah demam dan menggigil. “Termasuk juga gejala kelelahan,” ujar dia.

Penanganan

Erlina Burhan menyampaikan penanganan pasien covid-19. Hal tersebut bisa diterapkan kepada pasien dengan varian Omicron BA.4 dan BA.5.
 
“Tata laksana dari Omicron dan Delta sebenarnya sama saja, tapi ada guideline terbaru,” kata Erlina.

Erlina mengatakan pasien covid-19 tanpa gejala tidak memerlukan antivirus. Tenaga medis cukup memberi vitamin C, D, dan pengobatan suportif lainnya.

“Untuk penanganan pasien bergejala ringan sama saja tapi boleh ditambah antivirus molnupiravir atau favipiravir,” papar dia.
 
Sementara itu, pasien covid-19 bergejala sedang mirip dengan pasien bergejala ringan. Namun penanganannya harus memprioritaskan pemberian antivirus remdesivir.
 
“Demikian juga bagi yang bergejala berat dan kritis remdesivir ditambah vitamin B1 injeksi serta kortikosteroid dan tocilizumab,” jelas Erlina. Sumber: Dokter Spesialis Paru Erlina Burhan
(WWD)

Bagaimana tanggapan anda mengenai foto ini?

Aktifkan notifikasi untuk mendapatkan berita terkini dari medcom.id Notifikasi dapat dimatikan kapanpun dari pengaturan browser

push notif

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif