Upaya Pemerintah Melindungi dan Menjamin Hak Penyandang Disabilitas

Upaya Pemerintah Melindungi dan Menjamin Hak Penyandang Disabilitas

Grafis penyandang disabilitas
02 Desember 2021 07:54
PENYANDANG disabilitas di Indonesia telah lama mendapatkan perhatian khusus terkait pemenuhan hak. Hal ini penting dilakukan untuk mendorogn penyetaraan penyandang disabilitas agar dapat beraktivitas seperti masyarakat pada umumnya.

Menurut data Riskesda, pada 2018 terdapat 22% penyadang disabilitas berusia dewasa di Indonesia dengan proporsi 40,6% berada di Sulawesi Tengah.

Menurut BPS, akses pendidikan kepada kaum disabilitas juga masih tergolong rendah. Setidaknya terdapat 30,7% penyandang disabilitas yang tidak tamat sekolah.

Hal ini berbanding terbalik dengan penyandang disabilitas yang merasakan perguruan tinggi. Menurut data BPS, hanya 17,6% penyandang disabiitas yang berhasil tamat dari perguruan tinggi. Kondisi ini juga sebanding dengan lapangan pekerjaan bagi disabilitas yang tidak pernah tumbuh lebih dari 49% pada periode 2016-2019.

Kondisi ini membuat pemerintah terus berusaha membuat regulasi yagn mendukung hak-hak bagi disabilitas. Regulasi ini telah dikeluarkan pemerintah sejak 2011 sampai saat ini berkembang pada rencana pembentukan Komnas Disabilitas (KND).

Lembaga ini nantinya merupakan lembaga independen yang diberi tanggung jawab untuk melakukan pemantauan dan melindungi hak-hak disabilitas. Tujuannya ialah membuat disabilitas mempunyai hak yang sama seperti masyarakat pada umumnya. Dok Media Indonesia
(WWD)

Bagaimana tanggapan anda mengenai foto ini?

Aktifkan notifikasi untuk mendapatkan berita terkini dari medcom.id Notifikasi dapat dimatikan kapanpun dari pengaturan browser

push notif

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif