Bantuan Sosial bagi Masyarakat Terdampak PPKM di Beberapa Daerah

Bantuan Sosial bagi Masyarakat Terdampak PPKM di Beberapa Daerah

Grafis dana bantuan
25 Juli 2021 15:40
PEMERINTAH tidak langsung mengiyakan keinginan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk tidak melonggarkan pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Pasalnya, seperti diungkapkan Koordinator Tim Pakar Satgas Covid-19 Prof Wiku Adisasmito, pihaknya masih harus memantau perkembangan kasus covid-19.

Sebelumnya, WHO meminta Indonesia menerapkan penguncian lebih ketat dan lebih luas untuk melawan lonjakan infeksi dan kematian akibat covid-19. WHO tidak ingin Indonesia melonggarkan PPKM karena lonjakan kasus masih terjadi.

Juru Bicara Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Jodi Mahardi menambahkan setelah PPKM per level, diperpanjang atau tidaknya akan ditentukan setelah proses evaluasi.

Pengawalan PPKM leveling di sejumlah daerah dilakukan aparat kepolisian dengan sangat simpati. Selain berpatroli dan mengedukasi warga, polisi juga membagikan paket sembako.

Di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, sembako diserahkan dari pintu ke pintu. Petugas polres mendatangi langsung dari rumah ke rumah.

Camat Pacet Yudi Suhartoyo mengakui saat ini tidak sedikit warganya yang membutuhkan bantuan sembako karena terdampak PPKM darurat dan berlanjut ke PPKM level 4. 

Di Jawa Tengah, Kapolres Klaten AKB Edy Suranta Sitepu bersama Komandan Kodim Letkol Inf Joni Eko Prasetyo memimpin anggota untuk menyerahkan bantuan besar kepada warga sambil melakukan patroli penertiban PPKM level 4. Beras diberikan kepada pedagang kecil dan warga menengah ke bawah.

Sementara itu, di Sidoarjo, Jawa Timur, patroli dilakukan di malam hari. Tim juga membagikan bantuan sosial. Petugas mendatangi tempat usaha, pedagang, dan warung kopi yang masih buka di atas pukul 20.00 WIB. Kali ini petugas bertindak humanis dan hanya mengimbau mereka untuk taat aturan. 

Di Garut, Jawa Barat, bantuan diberikan satu kali dengan besaran Rp250 ribu/orang dan bersifat simultan. Bantuan diberikan langsung kepada 5.845 orang yang akan menerima bantuan secara stimulus di anatara 2.226 PKL, 461 penarik becak, 528 kusir delman, 1.524 sopir angkot dan 1.076 seniman. Bantuan juga diberikan di beberapa lokasi untuk menghindari kerumunan. Dok. Media Indonesia
(KHL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai foto ini?

Aktifkan notifikasi untuk mendapatkan berita terkini dari medcom.id Notifikasi dapat dimatikan kapanpun dari pengaturan browser

push notif

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif