YOUR FASHION

Alasan Warna Merah dan Hijau pada Serial Squid Game

Mia Vale
Senin 11 Oktober 2021 / 13:00
Jakarta: Meskipun episode untuk musim satu sudah usai, tapi gaung film Squid Game belum usai. Mulai dari dandanan ala boneka dalam permainannya, permen dalgona, bahkan warna pakaian yang dikenakan para penjaga dan pemain pun turut dipertanyakan. 

Warna merah untuk kostum para penjaga dan training (baju olahraga) teal (hijau) untuk para peserta permainan tersebut. Tak ada yang aneh, bukan?

Tapi yang menjadi pertanyaan khalayak, mengapa warna itu yang dipilih, apakah ada alasannya? Seakan warna-warna pakaian yang kasual memiliki makna lebih dalam tentang banyak alur cerita. 
 

Warna merah untuk para penjaga


Seperti dilansir dari Screen Grant, meski tidak ada alasan eksplisit yang diberikan untuk warna dari seragam penjaga Squid Game, namun ada beberapa simbolisme yang jelas. 

Warna hot pink sering digambarkan sebagai warna feminin, tetapi merah juga merupakan warna bahaya dan peringatan. 


squid game
(Ada arti warna kostum dalam series Squid Game dan juga memainkan psikologis penonton. Foto: Dok. Netflix/web.archieve)


Bisa dibilang, warna tersebut secara tradisional mewakili kelembutan dan masa kanak-kanak. Sekaligus, membangkitkan perasaan tegang dan cemas. Apalagi wajah para penjaga yang tidak diperlihatkan, memberi kesan layaknya robot atau binatang dibandingkan manusia. 

Warna merah pada jumpsuit berkerudung juga identik dengan warna darah, yang mengalir dari luka tembak sepanjang serial ini berlangsung.

Sedangkan ritsleting hitam, ikat pinggang, dan topeng dinilai berfungsi untuk menekankan otoritas penjaga dan mungkin juga kekejian mereka. Rasanya, kostum penjaga Squid Game berwarna merah memang cocok untuk film bergenre thriller. Setuju?  
 

Warna hijau untuk peserta 


Baju olahraga hijau (teal) yang dikenakan oleh para peserta di permainan film squid game memiliki tingkat ironi tersendiri. Pasalnya, baju olahraga merupakan pakaian kasual, bukan baju perang. 

Sebagaimana dilansir Insider, gaya kasual di Squid Game digunakan untuk menciptakan ketegangan. 
Pakaian kasual mungkin tampak tidak cocok untuk permainan bertahan hidup. 

Namun, perpaduan dari tracksuit warna teal dengan nomor kontestan tercetak di bagian depan dan belakang dalam warna putih serta dipadukan dengan sepasang sepatu slip-on putih, menambah sensasi sendiri. Logikanya, dengan mengenakan baju olahraga, para pemain akan mudah untuk bergerak.

Warna teal sendiri melambangkan kedamaian dan kelahiran kembali. Warna ini juga digambarkan sebagai warna revitalisasi dan peremajaan yang juga mewakili komunikasi terbuka dan kejernihan pikiran. 

Warnanya terasa seperti trik psikologis karena komunikasi terbuka dan kejelasan adalah sesuatu yang sangat kurang di sepanjang serial. Benar-benar konsep yang matang.

Terlepas dari semua kengerian dan kegelapan yang ada pada film tersebut, kostum Squid Game telah mencuri perhatian tersendiri. Bahkan saat ini pakaian penjaga dan para pemain lengkap dengan nomor punggung yang dikehendaki pun banyak diburu penggemar secara online.
(TIN)

MOST SEARCH