YOUR FASHION

Survei: Raffi-Gigi Paling Rajin Jualan di Medsos saat Ramadan

A. Firdaus
Rabu 01 Mei 2024 / 11:05
Jakarta: Peningkatan animo berbelanja di momen Ramadan 2024 dimanfaatkan oleh pelaku bisnis untuk menggencarkan promosi. Salah satunya dengan menggunakan jasa influencer. Di satu sisi, para influencer yang memiliki bisnis sendiri juga semakin rajin mempromosikan bisnis milik mereka di berbagai media sosial.

Fenomena ini, pun membuat Jakpat dan Jangkara.id menggelar riset digital pada Ramadan 2024. Survey ini melibatkan 1.180 responden aplikasi survei online Jakpat dan melalui monitoring 4.151 unggahan pada 50 influencer Instagram dengan pengikut terbanyak di Indonesia yang dikurasi oleh Jangkara.
 

Efektivitas promosi via influencer


Survei online Jakpat mengungkap 87% responden setuju jika promosi oleh influencer bisa membuat produk lebih dikenal oleh masyarakat. Lalu, sebanyak 72% responden setuju jika promosi produk melalui influencer di media sosial lebih menarik daripada iklan di media massa.

Kemudian ada sebesar 65% responden mengaku tertarik membeli produk yang dipromosikan influencer. Produk fashion, kecantikan, dan kuliner adalah kategori yang paling diminati responden.

"Di masa kini, influencer menjadi salah satu sumber informasi bagi konsumen dalam proses pengambilan keputusan pembelian. Oleh karena itu, peran influencer yang mampu memberikan informasi detail, akurat, dan terpercaya menjadi sangat penting," ucap Research Lead Jakpat, Farida Hasna.
 

Raffi-Gigi paling popular dan paling aktif promosi


Hasil survei menunjukkan bahwa pasangan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina (Raffi-Gigi) adalah influencer terpopuler dengan 77% responden yang mengenalinya. Mereka juga menduduki peringkat teratas dari segi pengikut, yaitu 75,4 juta followers. Posisi selanjutnya ada Prilly Latuconsina (65%) yang memiliki pengikut 55,8 juta dan Baim Wong (64%) dengan jumlah pengikut 18,5 juta.

Baca juga: Raffi Ahmad Jawab Pertanyaan Netizen Tentang Keputusan Adopsinya

Sejalan dengan itu, berdasarkan monitoring di Instagram, Raffi-Nagita juga tercatat menjadi influencer yang paling aktif mempromosikan produk selama Ramadan 2024. Terdapat  419 unggahan (story, image feed, dan video feed) dari akun @raffinagita1717 yang berisi promosi produk. Disusul oleh Ivan Gunawan (379 unggahan), Citra Kirana (277 unggahan), dan Ria Ricis (260 unggahan).

 

Produk yang dipromosikan


Sebanyak 81% responden Jakpat menyatakan produk kecantikan seperti skincare, bodycare, parfum, dan makeup; adalah produk yang paling banyak dipromosikan oleh influencer. Produk promosi lain yang juga sering dilihat responden adalah fashion (73%) dan kuliner (71%).

Sementara, hasil monitoring Instagram mencatat produk fashion adalah terbanyak dipromosikan (34%) dari keseluruhan unggahan dengan dominasi promosi pakaian muslim (813 promosi). Selanjutnya, produk kuliner (25%) dengan unggahan terbanyak produk makanan (516 promosi) dan produk kecantikan (19%) dengan unggahan terbanyak produk skincare (394 promosi).

Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News

(FIR)

MOST SEARCH