YOUR FASHION

HUT 77 RI, Ini Makna dan Filosofi Baju Adat Buton yang Dipakai Presiden Jokowi

Yuni Yuli Yanti
Rabu 17 Agustus 2022 / 08:51
Jakarta: Seperti perayaan Hari Kemerdekaan tahun-tahun sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali mengenakan pakaian adat saat menghadiri Peringatan HUT 77 RI di Istana Negara. 

Tahun ini, Presiden Jokowi terlihat mengenakan baju adat Dolomani dari Sulawesi Tenggara, tepatnya dari Kesultanan Buton. 

Menurut Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah Baubau, Wa Ode Nursanti Monianse, pakaian adat dolomani sering dikenakan oleh Sultan Buton ke-35, Sultan Muhamad Ali. 

Terdapat sejumlah filosofi dari baju adat tersebut, salah satunya yaitu sulaman bermotif bunga rongo yang melambangkan perjalanan seorang pemimpin. Ia bermula dari bawah lalu naik ke atas menjadi seorang pemimpin. Kemudian, ia akan turun lagi ke bawah menjadi rakyat biasa. 

"Ada pula kopiah berornamen bunga dan tulisan kaligrafi "maulana". Filosofinya adalah seorang pemimpin harus mampu membawa kesejahteraan. Ia juga harus amanah dan mengutamakan kepentingan rakyat daripada pribadi," jelas Nursanti dikutip dari berbagai sumber. 

Selain itu, Nursati menambahkan pada sisi kanan dan kiri baju dilengkapi dengan sulaman ornamen ake yang menggambarkan dua ekor burung yang memandang ke kiri dan kanan. Maknanya ialah seorang pemimpin selalu waspada terhadap bahaya yang mengancam negeri. 

Pakaian adat dolomani terdiri dari baju, celana, sarung, dan kopiah. Saat mengenakan pakaian ini dilengkapi dengan kotango (baju dalaman), sulepe (ikat pinggang), ewanga (keris atau badik), dan katuko (tongkat). 
(yyy)

MOST SEARCH