End Google Analytics -->
YOUR FASHION

Ingin Mendaki Gunung dengan Nyaman, Ini Tips Memilih Sepatu yang Tepat

Medcom
Jumat 06 Januari 2023 / 12:18
Jakarta: Rahasia untuk mendaki dengan bahagia adalah kaki yang bahagia. Sepatu trekking dapat membuat kakimu tetap tertopang dan nyaman, baik saat berjalan di atas bebatuan kasar, jalur berkerikil, membawa tas ringan, atau beban berat ekspedisi.

Kaki mengambil sebagian besar pekerjaan dalam perjalanan hiking. Jadi penting bagi kamu untuk memiliki bantalan dan perlindungan dari sepatu trekking yang tepat.

Memilih sepatu hiking tidak selalu mudah. Dari ukuran hingga gaya, ada banyak pilihan, dan apa yang terasa enak di toko masih perlu waktu untuk dipahami sebelum jalan-jalan karena ukuran kaki akan berubah saat di jalur pendakian.

Berikut adalah 4 tips untuk membantu kamu memilih sepatu hiking yang tepat:
 

1. Cari gaya sepatu sesuai kebutuhan


Seperti sepatu kets, sepatu hiking dibuat untuk jenis trekking tertentu. Apakah kamu seorang pejalan kaki santai atau menghabiskan lebih banyak perjalanan dan waktu di atas gunung?

Mengetahui perbedaannya akan menjadi bagian integral dalam menentukan sepatu hiking mana yang paling sesuai dengan kebutuhanmu.

Sepatu hiking ringan dengan sol tipis, untuk mendaki di jalur yang santai. Mountaineering boots dengan sol tebal dan tajam, untuk pendakian yang rumit dan memakan waktu lama di atas gunung. Backpacking boots dengan sol tebal dan kaku, untuk berbagai medan baik jalur pegunungan atau di luar jalanan.
 

2. Memilih bahan yang tepat


Bahan sepatu hiking sangat penting. Kain yang salah bisa membuat kaki terasa panas, tidak nyaman, dan kram. Pilihlah sepatu dengan bahan sintetis, kulit split-grain, atau kulit full-grain.

Ketiga bahan ini memiliki keunggulan dan kekurangan yang berbeda-beda. Sintetis misalnya, ia ringan namun mudah pecah. Sedangkan kulit split-grain, membuat kaki mudah bernapas namun tidak tahan air. Dan kulit full-grain, tahan lama dan anti air, namun kaki kurang bernafas dan sangat berat.
 

3. Cari sepatu tinggi yang sesuai


Sepatu hiking tersedia dalam semua potongan yang berbeda, dan ini terutama harus disesuaikan dengan jenis trekking. Ada sepatu dengan potongan rendah seperti sepatu lari, potongan ini membuatmu rentan terhadap cedera pergelangan kaki. Sepatu bot dengan potongan ini paling baik dikenakan di jalur yang terpelihara dengan baik.

Mid-cut: Gaya ini menawarkan lebih banyak dukungan dan keseimbangan pergelangan kaki, serta penyangga yang lebih baik dari puing-puing di sepanjang jalan setapak. Dan yang terakhir ada potongan high-cut. Dengan keseimbangan optimal dan dukungan pergelangan kaki, potongan ini paling baik untuk pejalan kaki petualang yang keluar masuk jalur, dan melintasi medan yang berpotensi berbahaya.
 

4. Pilih 1 size lebih besar daripada biasanya


Berkat pembengkakan alami dan kebutuhan menstabilkan jari-jari kaki, kamu membutuhkan ruang gerak dan bernapas untuk kakimu, maka pilihlah satu ukuran lebih besar dari biasanya.

Sepatu harus pas di sekitar bola kaki sementara tumitmu tetap di tempatnya. Tumit mengambang adalah penyebab utama lecet, yang ingin kamu hindari. Selalu coba sepatu hiking sambil mengenakan kaus kaki trekking kamu untuk mendapatkan rasa nyaman yang akurat.

Catatan: Jangan pernah mengeluarkan sepatu dari kotaknya dan langsung menuju ke jalur pendakian. Beli sepatu dan kenakan di sekitar rumah untuk menghilangkan kekakuannya. Ini juga akan memberimu gambaran yang lebih baik tentang apakah itu sepatu hiking yang tepat untuk kamu atau tidak.

Nandhita Nur Fadjriah
(FIR)

MOST SEARCH