YOUR FASHION

Indonesia Fashion Week 2022 Angkat Tema Magnificent Borneo

Raka Lestari
Jumat 15 April 2022 / 14:11
Jakarta: Setelah dua tahun terhenti karena pandemi, Indonesia Fashion Week kembali diselenggarakan. Tahun ini tema yang diusung adalah "Magnificent Borneo". Ajang yang menampilkan kreasi fashion dari perancang busana dalam negeri ini dilaksanakan digelar di Jakarta Convention Centre (JCC) pada 13-17 April 2022.

Tema Magnificent Borneo menjadi rangkaian tema IFW Tahun 2020 yang tidak digelar karena pandemi covid-19. Presiden IFW 2022 Poppy Dharsono berharap ajang IFW 2022 bisa menjadi penyemangat bagi para pelaku industri fashion Tanah Air untuk terus menciptakan karya-karya terbaiknya. Apalagi kini industri fashion masih belum sepenuhnya pulih.

Empat ikon model IFW 2022 ikut tampil untuk membuka parade dari 40 desainer pilihan dalam upacara pembukaan siang hari kemarin. Tiap desainer menampilkan koleksi terbaiknya dengan sentuhan budaya Kalimantan. Desainer dari 18 negara semula hendak berpartisipasi, namun karena ketegangan Rusia-Ukraina dan juga kekhawatiran akan covid-19 mereka batal hadir pada tahun ini.

Dalam upacara pembukaan IFW 2022 Poppy menjelaskan alasan mengapa memilih Borneo untuk menjadi tema IFW tahun ini, karena selama ini daerah Kalimantan masih belum terdengar gaungnya di dunia fashion jika dibandingan daerah-daerah lain. Seperti Sumatera, Bali, NTT, atau bahkan Jawa.

"Borneo belum pernah kita touch. Setelah 2 tahun ini nah kita terus touch Borneo. Sekarang semua orang pakai. Saya kira Indonesia Fashion Week mampu memotivasi fashion di Borneo sendiri. Dan craft, fashion, ditransformasikan ke fashion craft yang nantinya bisa memberikan value added," pungkas Poppy Dharsono.
(FIR)

MOST SEARCH