YOUR FASHION

5 Tips Mencuci Pakaian Compression Sport

A. Firdaus
Sabtu 21 Mei 2022 / 12:34
Jakarta: Saat ini ada pakaian olahraga berjenis Compression Sport dengan banyak manfaat. Punya desain yang ketat, pakaian olahraga ini berguna untuk meningkatkan aliran darah, performa olahraga, dan mengurangi cedera.

Berdasarkan studi yang dilakukan Produsen Compression Sport asal Australia yakni 2XU, semakin besar tingkat kompresi yang diterapkan dengan benar ke tubuh, maka semakin besar peningkatan aliran darah.

Peningkatan aliran darah telah ditemukan dapat meningkatkan kinerja olahraga dan mempercepat pemulihan otot setelah melakukan olahraga.

Menurut Merchandising Manager MAA 2XU, Yuniarti Iskandar, Compression Sport, terutama Compression Tights buatan 2XU terbuat dari kain PWX. Dalam artian, bahannya bisa mengikuti bentuk tubuh dan mudah kembali ke bentuk semula.

Selain mengetahui fungsinya, kamu juga harus tahu cara mencuci pakaian compression sport ini. Berikut penjelasan dari Yuniarti:
 

1. Lebih baik cuci menggunakan tangan


Yuniarti merekomendasikan mencuci compression sport cukup menggunakan tangan. Tujuannya agar kainnya tidak mudah kendur.

"Setelah dicuci tangan, kamu bisa menggantungnya dan diangin-anginkan agar kering," ujar Yuniarti usai Kegiatan Olahraga Bersama 2XU di Paradigm Fitness.


Workout bersama 2XU di Paradigm Fitness (Foto: A. Firdaus/Medcom.id)
 

2. Gunakan pemutaran rendah dan air dingin


Jika harus menggunakan mesin cuci, disarankan untuk menerapkan pemutaran mesin rendah dan cuci menggunakan air dingin. Menurut Yuniarti, air dingin ini bisa mengembalikan bentuk compression, setelah dipakai untuk beraktivitas.
 

3. Jangan gunakan panas tinggi, saat dikeringkan dalam mesin cuci


Yunita juga menekankan, jika compression harus dikeringkan dengan mesin cuci, jangan menggunakan suhu tinggi. Sebab bisa memengaruhi kain dari compression sport.

"Jika menggunakan pemeras dalam mesin cuci, jangan menggunakan kekuatan penuh mesin pemerasn tersebut. Kalau diperas menggunakan tangan, jangan terlalu kencang dan diputar, karena memengaruhi kain," ucap Yuniarti.
 

4. Jangan pakai pelembut pakaian


Satu hal yang tak boleh dilakukan dalam mencuci pakaian compression sport adalah tidak memberikan softener saat mencuci compression sport. Sebab, softener akan mengurangi keunggulan anti odor dan anti bacteria dalam compression sport.
 

5. Bisa menggunakan semua jenis deterjen


Kendati banyak larangan, menurut Yuniarti, kamu bisa menggunakan semua jenis deterjen untuk mencuci compression sport.

"Akan tetapi, jangan terlalu banyak menggunakan deterjen, kamu bisa menggunakan secukupnya saja," pungkas Yuniarti.
(FIR)

MOST SEARCH