YOUR FASHION

Fashion Mendunia Selera Nusantara

Medcom
Kamis 29 September 2022 / 19:04
Jakarta: Sejak zaman dahulu nenek moyang selalu mengenakan pakaian adatnya terutama kain, hingga menjadi bagian dari tradisi Indonesia. Namun, seiring perkembangan zaman, kain sempat mengalami penurunan popularitas, dan hanya digunakan untuk keperluan rumah tangga dan adat saja.

Awal mula abad ke-20 ini, kain berkembang lagi di peradaban fashion Indonesia hingga dunia. Tak sedikit anak muda yang mengkreasikan kain menjadi outfit casual hingga formal. Banyaknya motif, warna, hingga jenis kain merupakan salah satu kelebihan yang memiliki nilai tinggi di dunia fashion.

Saat ini sudah banyak komunitas dan event kain yang bisa kamu ikuti, diantaranya ada AKU DAN KAIN: The Age of Diversity dan Pasar Wastra #BerkaindiFestival yang buka hingga awal oktober mendatang.

Kalau kamu butuh inspirasi berkain, simak panduan berbusana yang sudah dirangkum di bawah ini:
 

1. Rok lilit


Ini yang paling simpel diterapkan, jika kamu baru ingin memulai gaya fashion menggunakan kain. Ootd Nadin amizah pun bisa menjadi inspirasi kamu dalam berkain, rok lilit dipadu padankan dengan kaos dan blazer, tak lupa menggunakan sepatu dan aksesoris cantik yang menambah kesan iconic-mu. Kamu juga bisa memakai atasan lain yang kamu suka loh!
 

2. Cardigan


Kata siapa kain yang tidak memiliki pola dan jahitan tidak bisa menjadi atasan? Padahal kamu bisa mengikat dua ujung sisi yang berseberangan, kaya yang dipakai Angga Yunanda ini.
 

3. Dress


Selanjutnya ada inspirasi berkain dari artis cantik, Syifa Hadju. Untuk memeriahkan Festival Aku dan Kain di Museum Nasional Indonesia, ia mengenakan kain hitam yang dijadikan dress dengan punggung terbuka.
 

4. Oby Belt


Jika kamu ingin menggunakan kain sebagai aksesoris, yang satu ini bisa kamu coba. Lagi-lagi Nadin Amizah banyak memberikan inspirasi outfitnya dalam berkain. Di sini ia mengenakan kain yang dijadikan sebagai oby belt yang memberikan kesan menarik.

Nandhita Nur Fadjriah
 
(FIR)

MOST SEARCH