YOUR FASHION

Evolusi 5 Model Sepatu Roda dari yang Jadul hingga Kekinian

Yuni Yuli Yanti
Selasa 10 Mei 2022 / 13:08
Jakarta: Belum lama ini, media sosial dibuat geger oleh video aksi sekumpulan atlet sepatu roda yang bermain di jalan Gatot Subroto, Jakarta pada Minggu (8/5). Dalam video berdurasi 45 detik itu tampak rombongan pemain sepatu roda dengan atribut lengkap termasuk anak-anak yang melaju di tengah-tengah lalu lintas kendaraan bermotor. 

Akibatnya, aksi tersebut menuai beragam kritik dari warganet termasuk Pemprov DKI Jakarta yang sudah angkat bicara mengenai hal itu dan menganjurkan untuk bermain sepatu roda di lokasi yang lebih aman dan tidak mengganggu lalu lintas kendaraan. 

Bermain sepatu roda atau roller blade memang menjadi aktivitas yang menyenangkan bagi anak-anak maupun orang dewasa. Bahkan, ada banyak keuntungan kesehatan yang didapatkan lho. Mulai dari membakar lebih banyak kalori, jantung yang lebih sehat hingga memperbaiki keseimbangan dan koordinasi tubuh. 

Nah, untuk kamu yang mulai tertarik dengan sepatu roda berikut adalah model sepatu yang telah berevolusi dari model yang jadul hingga mengikuti tren masa kini yang dikutip dari berbagai sumber!

 

Bentuknya sejajar dengan dua roda di depan dan belakang

Sebenarnya sepatu roda vintage Roller-skating ditemukan pada tahun 1735 oleh John Joseph Merlin. Namun, dipatenkan oleh seorang penemu asal Perancis, Monsieur Petitbled pada tahun 1819. Tetapi, pada tahun 1863 James Plimpton "merevolusi sepatu roda" menurut National Museum of Roller Skating. Bahkan, ia merancang sepatu roda empat yang memungkinkan pemakainya berputar sesuai kebutuhan. 


(Foto: Dok. Flickr Creative Commons)

 

Desain dan bahan sederhana 

Karena terbuat dari material yang berat dari kulit dan lempengan besi, sepatu roda zaman dulu sangat sulit dikendalikan. Desainnya pun masih sangat sederhana. Bahkan, perlindungan di bagian kakinya pun masih minim karena kulit sepatu tidak menutup kaki. 


(Foto: Dok. Brilio Net)

 

Populer di era disko 

Roller-skating dengan cepat naik popularitas dan mencapai puncaknya di era roller-disko pada tahun 70-an dan 80-an. Sepatu roda inline pun mengambil alih di tahun 90-an dengan desain yang lebih modern dan rodanya pun tebal sehingga lebih kuat. 


(Foto: Dok. Daily JStor)

 

Tonjolan di depan berfungsi sebagai rem

Orang-orang dari segala usia suka bermain sepatu roda. Keterampilan yang paling penting dari saat bermain adalah mengatur keseimbangan, maka di bagian depan sepatu roda terdapat tonjolan yang berfungsi sebagai rem. Perlu diketahui, sepatu roda tradisional disebut quads, sedangkan roller blades disebut inlines oleh skater saat ini.


(Foto: Dok. Instagram/@squadskates)

 

Desain modern

Seiring perkembangan zaman, desain sepatu pun makin modern dan menyesuaikan dengan tren masa kini. Jika model sepatu roda dulu bentuknya monoton dan sejajar. Kini, model bagian atas sepatu roda lebih variatif. Bahkan, kamu bisa menemukan sepatu roda dengan model sneakers.


(Foto: Dok. Instagram/@squadskates)
(yyy)

MOST SEARCH