End Google Analytics -->
YOUR FASHION

6 Tips Memastikan Ukuran Jas yang Tepat

Rosa Anggreati
Kamis 19 Januari 2023 / 09:56
Jakarta: Mungkin Anda bertanya-tanya, seperti apakah ukuran jas yang tepat bagi tubuh Anda. Selain kain, warna, dan model, ketepatan ukuran jas bisa mendongkrak penampilan Anda. Bila jas terlalu ketat, Anda akan sulit bergerak. Namun, bila terlalu longgar, Anda memberikan kesan abai terhadap penampilan.
 
Ukuran setelan jas pria yang tepat bisa dilihat saat dikenakan. Anda cukup berdiri tegak apa adanya, dengan kedua lengan terulur di sisi tubuh. Jangan lupa kenakan sepatu saat pengepasan, untuk memastikan proporsinya tepat.
 
Berpengalaman lebih dari 70 tahun, Hariom’s Tailor memahami betul seperti apa jas yang tepat bagi tubuh Anda. Langsung dari butiknya yang berlokasi di  Jalan Pasar Baru 3A-5, Jakarta Pusat. Amrit Vaswani membagikan panduan enam hal penting dalam memastikan ukuran jas yang tepat bagi Anda.
 

Bahu Jas

 
Bagian bahu jas merupakan elemen jas yang sulit dipermak. Alih-alih membawanya kembali ke permak baju terdekat setelah jas itu selesai, ada baiknya Anda memastikan semuanya tepat saat pengepasan. Idealnya, bahu jas membentuk garis lurus horizontal. Sambungan bahu jas dengan lengan jas tepat berada di sudut bahu Anda.
 
Bila Anda mendapati ada jahitan menggembung pada bagian atas bahu, hal itu pertanda jas Anda kekecilan. Bila sambungan bahu dan lengan bergeser hingga mencapai lengan bagian atas, itu artinya bagian bahu jas terlalu besar.


 

Lengan Jas

 
Meski memermak lengan jas cukup mudah, Anda tetap perlu memastikan ketepatan ukurannya. Lengan jas harus tampak mulus dan tak ada garis lipatan melingkar di bagian lengan atas. Umumnya, ujung lengan jas berada 1-1,5 cm di atas cuff kemeja. Jangan sampai lengan jas Anda terlalu panjang dan menutupi punggung tangan. Selain itu, pastikan pula garis sambungan cuff kemeja dengan lengan kemeja tidak terlihat atau tertutupi lengan jas.


 

Kerah Jas

 
Kerah jas, atau biasa disebut lapel, sebaiknya menempel sejajar dengan kerah kemeja, tanpa ada celah yang terlalu lebar. Anda bisa menilainya saat bercermin menyamping. Bila menemukan celah lebar antara kerah jas dan kerah kemeja, itu berarti jas Anda terlalu besar. Sebaliknya, jas Anda kekecilan bila muncul lipatan pada bagian belakang lapel.



 

Panjang Jas

 
Panjang jas sangat bergantung pada tinggi Anda. Pria bertubuh pendek bisa menggunakan jas ramping ala Italia agar tak terlihat seperti tenggelam dalam jasnya sendiri. Sebaliknya, pria tinggi bisa membuat jasnya lebih panjang untuk memberi ilusi keseimbangan antara panjang torso dan kakinya.
 
Panjang jas yang pas adalah lebih panjang dari pinggang dan menutupi lengkung bokong, tanpa melewatinya. Bila panjangnya terlalu jauh melewati panjang lengan jas, ini berarti ukurannya terlalu besar.


 

Torso Jas

 
Berdirilah secara normal dan kancingkan jas Anda. Pada jas tipe single-breasted berkancing dua yang cukup populer, kancing teratasnya terletak sedikit di atas pusar Anda. Ini untuk memberi ilusi V yang merampingkan saat jas dikancingkan. Bila muncul kerutan saat dikancingkan, artinya jas itu terlalu sempit.


 

Celana Panjang


Walau jas mencuri perhatian karena terletak di bagian atas tubuh, celana panjang juga penting bagi kesatuan penampilan Anda.  Garis pinggang celana sebaiknya tepat atau bahkan di atas pinggang. Selipkan jari Anda ke dalam garis pinggang. Bila hanya muat satu jari saja, itu artinya celana Anda terlalu sempit. Namun, bila Anda bisa menyelipkan tiga jari atau lebih, ukurannya terlalu besar.
 
Periksalah juga panjangnya. Saat Anda berdiri, ujung celana sedikit lebih panjang dari pergelangan kaki, mungkin sekitar 1-2 cm. Ini untuk menjaga agar saat Anda duduk, celana Anda tidak naik terlalu tinggi dan menunjukkan kaos kaki, atau malah betis Anda.





Nah, setelah membaca artikel ini sekarang Anda tahu seperti elemen ukuran dan potongan setelan jas yang tepat bagi tubuh Anda.  Namun, bila masih ragu dan membutuhkan pendapat profesional, berkonsultasilah dengan para pakar kami di Hariom’s Tailor demi memperoleh setelan jas dan kemeja pria terbaik, yang khusus dibuat untuk Anda.
(ROS)

MOST SEARCH