WISATA

Program Kemenparekraf dalam Kenormalan Baru, Menggalakkan Desa Wisata

Kumara Anggita
Kamis 28 Januari 2021 / 17:21
Jakarta: Dalam rangka memulihakan kembali pariwisata Indonesia akibat pandemi covid-19, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno akan mengakselerasikan pembangunan infrastruktur di 5 Destinasi Super Prioritas atau 5 DSP. Hal ini selaras dengan permintaan Presiden Jokowi. 

Tak hanya itu, daerah lain di luar 5 destinasi juga akan mendapatkan perhatian. Ia mengingatkan bahwa destinasi lain tidak perlu khawatir merasa ditinggalkan karena ia akan menggalakkan desa wisata.

“Tapi kalau teman-teman di seluruh wilayah Indonesia bilang kita tidak masuk 5 destinasi super prioritas, tenang. Jangan merasa diabaikan karena kita harus kolaborasi multi stakeholder. Presiden menginginkan kita fokus. Kita kembangkan 5 destinasi tapi kita juga sentuh melalui program-program desa wisata,” jelasnya dalam acara Media Group News Summit: Indonesia 2021 - Solusi Maju Bersama dengan tema "Wonderful Indonesia: Reviving The Tourism Industry" secara daring pada 28 Januari 2021. 

Ia kemudian menjelaskan bahwa ia akan menjalankan upaya tanggap darurat pariwisata dan ekonomi kreatif. Usaha tanggap darurat pemulihan aspek sosial dan ekonomi diharapkan bisa memberikan beberapa perubahan antara lain:

- Mempersiapkan arah kenormalan baru pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif

- Mempersiapkan destinasi

- Membangun kepercayaan publik, meningkatkan keterikatan wisatawan dan menciptakan atraksi yang menarik

- Menjemput peluang pascadistribusi vaksin covid-19

Dalam hal ini, Sandiaga menekankan bahwa ada tiga platform program Kemenparekraf ke depan yang akan ia terapkan yaitu inovasi, adaptasi, dan kolaborasi.
(TIN)

MOST SEARCH