WISATA

Angkat tema GEAR, Indofest 2024 Fokus pada Sustainability dan Keberlangsungan Lingkungan

A. Firdaus
Kamis 04 Juli 2024 / 21:17
Jakarta: Indonesia Outdoor Festival (Indofest) resmi dibuka pada Kamis 4 Juli 2024. Bertempat di Hall B Jakarta Convention Center (JCC), Indofest mengangkat tema GEAR yang berarti Green, Equality, Action, Responsibility.

Berbeda dengan event pada tahun-tahun sebelumnya, kali ini Indofest lebih concern ke sustainability atau keberlangsungan lingkungan. Dimulai dengan menumbuhkan kebiasaan sederhana atau little habit yaitu your trash your responsibility hingga less waste.

Chief Executive Officer COS Event, Disyon Toba menjelaskan, dunia outdoor saat ini sudah semakin digemari masyarakat Indonesia. Hal tersebut bisa dilihat dari banyaknya kegiatan-kegiatan luar ruangan yang saat ini kembali digemari. Tak terkecuali dengan semakin banyaknya kegiatan event olahraga lari yang hampir ada di setiap pekan.

“Tidak hanya itu, antusias masyarakat yang ingin pergi ke gunung-gunung juga meningkat. Itu menunjukan masyarakat semakin sadar tentang kesehatan dan kegiatan luar ruangan,” katanya.

Baca juga: DXI 2024 Digelar, Bakal Lebih Eksplor Industri Olahraga Ekstrem

Disyon juga menjelaskan dengan tagline 'More Outdoor Less Waste' pihaknya berharap Sobat Indofest yang datang dapat sama-sama untuk mengurangi sampah atau less waste. Dengan cara tidak membeli air dalam kemasan, namun menggunakan tumbler, tidak menggunakan kantong plastik tapi menggunakan kantong belanja yang dipakai berulang-ulang.

"Serta tentunya memperbanyak olahraga luar ruang atau outdoor activity dengan membeli perlengkapannya yang sudah kami sediakan di Indofest 2024," ungkap Disyon.

"Saya yakin, lokasi yang bersih membuat kita berkegiatan lebih nyaman. Tidak hanya di sini saja, tapi juga di gunung dan tempat-tempat kita melakukan aktivitas luar ruang. Hal itu sesuai dengan visi kami membuat lebih banyak lagi masyarakat yang melakukan aktivitas atau kegiatan luar ruang," sambungnya.


Antusiasme para pencinta wisata minat khusus ini sudah terasa pada hari pembuka Indofest 2024. Dok. Ist

Sementara itu, Deputi Bidang Penyelenggara Kegiatan dan Event Kemenparekraf, Vinsensius Jemadu mengapresiasi kepada pihak Indofest 2024 yang sudah menggagas event ini yang ke-8. Vinsensius menjelaskan setelah pandemi Covid-19, ada perubahan behaviors masyarakat kegiatan luar ruang begitu diminati dan melonjak.

"Menurut data dari sea trip terlihat sekali peningkatan untuk kegiatan-kegiatan outdoor yang meningkat dengan tajam. Artinya apa, kegiatan yang dilakukan oleh Indofest sangat tepat dengan menyesuaikan perubahan behavior masyarakat pasca pandemi ini," katanya.

Vinsensius juga melihat kegiatan luar ruang ini merupakan kegiatan minat khusus yang berkualitas. Karena spendingnya besar, lenght of staynya juga lama sehingga memiliki multipiler effect yang besar juga.

"Namun seluruh stakeholder juga harus bergandengan tangan bersama untuk menanggulangi masalah sampah. Ini adalah momok yang selalu muncul di destinasi-destinasi. Untuk itu dengan penyelenggaran event seperti ini, bukan hanya kesuksesan yang dibukukan, atau seberapa besar transaksi tapi juga bagaimana kita mengedukasi masyarakat untuk berwisata secara bertanggung jawab," terang Vinsensius.

Event 'Lebaran Anak Outdoor' tahun ini digelar selama empat hari, mulai 4 hingga 7 Juli 2024, dengan diikuti oleh 135 jenama dan 80 persen di antaranya adalah produk lokal. Antusiasme masyarakat untuk berburu perlengkapan outdoor terlihat pada hari permbuka.

"Untuk pembelian online di hari pertama mencapai 15 ribu orang. Belum yang membelinya secara on the spot. Kami menargetkan untuk tahun ini ada 50 ribu pengunjung selama empat hari," tutup Disyon.

Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News

(FIR)

MOST SEARCH