End Google Analytics -->
WISATA

Antiboros, Ini 5 Tips Atur Pengeluaran Biar Hemat Waktu Liburan Akhir Tahun

Medcom
Rabu 28 Desember 2022 / 10:05
Jakarta: Memasuki pekan terakhir di tahun 2022, sudah banyak orang-orang mengambil liburan mereka. Bagi sebagian orang, liburan akhir tahun bisa menjadi ajang relaksasi diri dari penatnya aktivitas.

Tentu rancangan ini itu, mulai dari mengunjungi restoran hingga staycation di suatu tempat yang baru menjadi hal yang sering kali dilakukan oleh masyarakat. Kadang kala, dengan banyaknya wishlist, kamu menjadi boros.

Padahal, untuk memanjakan diri dengan liburan tidak perlu menguras banyak duit, lho! Jika kamu berlibur tetapi pikiranmu masih memikirkan pengeluaran, liburan jadi tidak akan menyenangkan sama sekali.

Agar kamu bisa mengatur dompetmu, ini tips yang bisa kamu lakukan agar kantong tidak jebol saat berencana liburan di akhir tahun!


(Menetapkan anggaran pengeluaran sangat penting karena akan menentukan seberapa biaya yang akan kita keluarkan. Foto: Ilustrasi/Dok. Unsplash.com)
 

1. Menetapkan anggaran pengeluaran


Jika kamu pergi sendiri, maka kamu harus tahu mulai dari pengeluaran tempat tinggal, makan, transportasi, hingga kebutuhan tersier seperti jajan. Kamu bisa menahan batas anggaranmu yang menurutmu tidak begitu penting.

Jika kamu pergi bersama keluarga, tidak akan jauh berbeda dengan pengeluaran sendiri. Namun, kebutuhan tersier diprediksi akan lebih memakan banyak biaya. Kamu harus bisa menahan budget pasti agar kantong tidak jebol.
 

2. Pergi ke destinasi lokal


Jika hanya bertujuan untuk merelaksasikan tubuh dan pikiran, sudah banyak destinasi lokal yang cocok untuk liburan akhir tahun. Kamu bisa mencarinya melalui internet dan pula mencari paket hemat. Hal ini bisa menghemat pengeluaran kamu!
 

3. Hindari impulsif


Liburan memang tidak afdal jika tak membawa oleh-oleh untuk kerabat. Kamu bisa melakukan pencarian oleh-oleh yang cocok untuk diberikan dengan memperkirakan harga yang ada di internet. Harga tersebut bisa kamu jadi acuan untuk budget, sehingga kamu bisa terhindar dari impulsif.
 

4. Cari lokasi destinasi strategis


Lokasi yang strategis dengan banyak kendaraan umum bisa menjadi salah satu untuk menghemat budget kamu berlibur. Kamu hanya membutuhkan internet untuk memilih berbagai destinasi yang cocok untukmu dan tidak menguras banyak dana untuk pergi ke sana.
 

5. Mencari promo


Meskipun akhir tahun dikatakan bisa lebih mahal, namun pasti ada destinasi atau kebutuhan lain yang memang melakukan promosi besar-besaran. Paket liburan dan aplikasi-aplikasi yang menawarkan promo bisa kamu gunakan untuk menghemat pengeluaranmu.



Aulia Putriningtias
(TIN)

MOST SEARCH