WISATA

Kemenparekraf Gelar Virtual Halalbihalal dan Ajak untuk Tingkatkan Rasa Kebersamaan

Yatin Suleha
Selasa 18 Mei 2021 / 15:44
Jakarta: Saat pandemi covid-19 banyak hal dilakukan secara virtual, termasuk acara halalbihalal. Dan di momen Hari Raya Idulfitri 1442 hijriah ini, Kementererian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengadakan acara halalbihalal bersama dengan ribuan stakeholder parekraf di seluruh Indonesia.

Diselenggarakan pada Senin, 17 Mei 2021 Menparekraf Sandiaga Uno saat Halalbihalal Virtual Idulfitri 1442 H Menparekraf Sandiaga Uno menjelaskan, untuk membangkitkan kembali sektor parekraf perlu upaya bersama dengan inovasi, adaptasi dan kolaborasi. Bangkitnya sektor parekraf dan pulihnya ekonomi akan berjalan seirama dengan pemulihan kesehatan.  

“Hal tersebut perlu dilakukan bersama agar kita bisa mengatasi masalah kesehatan dan ekonomi secara seimbang. Mengingat pemulihan ekonomi di sektor parekraf sangat berkaitan erat dengan upaya pengendalian penyebaran covid-19,” kata Menparekraf.

Kemenparekraf terus mengambil langkah-langkah strategis dalam rangka penerapan pemulihan sektor parekraf. Salah satunya dengan terus mendorong pelaku di sektor parekraf melakukan inovasi dengan memaksimalkan teknologi. 

“Kami di Kemenparekraf akan meluncurkan program-program yang tepat sasaran tepat manfaat dan tepat waktu. Agar kita bisa membantu 34 juta saudara kita (pelaku parekraf) yang terdampak. Kami juga terus mendorong program CHSE (Cleanliness, Healthy, Safety and Environment), 3M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak, dan 3T (testing, tracing, and treatment) yang menjadi bagian tidak terpisahkan dalam pariwisata kita,” ujarnya.


kemenparekraf
(Penyelenggaraan Halalbihalal Virtual Idulfitri 1442 H Kemenparekraf. Menparekraf mengatakan untuk membangkitkan kembali sektor parekraf perlu upaya bersama dengan inovasi, adaptasi dan kolaborasi. Foto: Dok. Kemenparekraf)


Saat Halalbihalal Virtual Idulfitri 1442 H, selain dihadiri stakeholder parekraf berjumlah 1000 lebih peserta online juga dihadiri Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo, Jajaran Deputi di lingkungan Kemenparekraf, Menteri Pariwisata periode 2014-2019 Arief Yahya.

Selain itu terdapat Menparekraf periode 2019-2020 Wishnutama Kusubandio, Mantan Kepala Bekraf Triawan Munaf, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif periode 2011-2014 Sapta Nirwandar, Serta perwakilan dari Komisi X DPR RI. Acara tersebut juga menghadirkan penceramah kondang ustadz Erick Yusuf.

Menparekraf Sandiaga Uno menyampaikan, perayaan Idulfitri juga memberikan makna agar senantiasa meningkatkan rasa kebersamaan dalam menghadapi tantangan dan persoalan kehidupan umat manusia. Diantaranya menghadapi penyebaran covid-19 yang harus dilakukan dengan tekad bersama.

“Sudah dua kali perayaan Idulfitri dilakukan di tengah pandemi covid-19, Lebaran kita rayakan di rumah. Mungkin, ada banyak orang pada saat Lebaran tidak ditemani keluarga atau putra-putri mereka,” ujarnya.

Namun, lanjut Sandiaga, rasa rindu kepada keluarga dan sanak saudara di tengah perayaan Idulfitri dapat sedikit terobati dengan adanya platform digital untuk dapat berkomunikasi. 

“Rasa rindu kepada handai taulan juga bisa sedikit terobati dengan cara mengirimkan hampers sebagai produk ekonomi kreatif ke kampung halaman. Kami kemarin meluncurkan program #gakmudikdibikinasik, ada banyak pelaku UMKM yang berpartisipasi seperti makanan kering, kuliner, fesyen, kriya dan produk ekraf lainnya," ujar Menparekraf.

"Yang dikemas dan ditata dalam keranjang yang menarik serta diberi hiasan dan disubsidi ongkirnya. Ini merupakan langkah adaptasi di tengah pandemi,” pungkasnya.

(TIN)

MOST SEARCH