WISATA

Keuken 2022: Sunday Funday, Ajang Kumpul Pecinta Kuliner Bandung Kembali Digelar

Rosa Anggreati
Sabtu 27 Agustus 2022 / 21:06
Bandung: Setelah dua tahun vakum akibat pandemi covid-19, festival makanan Keuken kembali hadir di Kota Bandung. Event yang bergulir sejak 2011 ini bakal menyajikan 48 jenama makanan lokal populer, dan sembilan jenama art and fashion asal Kota Bandung.
 
Keukeun 2019 merupakan gelaran terakhir sebelum memasuki masa pandemi covid-19. Dua tahun vakum memberi pelajaran bagi Keuken dan masyarakat secara luas dalam memaknai arti kesehatan yang sesungguhnya.
 
Maka itu jangan heran jika Keukeun 2022: Sunday Funday mengambil tema ‘health’ dalam kegiatannya kali ini. Keuken 2022: Sunday Funday akan digelar pada 28 Agustus 2022, pukul 08.00-21.00 WIB di Kiara Artha Park, Kota Bandung, Jawa Barat.
 
Founder sekaligus Festival Director Keukeun Meizan Diandra Nataadiningrat mengatakan tema ‘health’ dipilih karena banyak alasan. Salah satunya ialah berbagai pelajaran yang masyarakat ambil selama pandemi covid-19.
 
“Pandemi mengajarkan kita untuk lebih higienis, lebih sehat, lebih menghargai kesehatan diri sendiri dan keluarga. Pandemi juga mengajarkan kita bahwa hubungan sosial merupakan hal yang penting,” tutur pria yang akrab disapa Ican ini.
 
Pandemi saat ini berangsur membaik sehingga dinilai menjadi momentum yang tepat untuk kembali bersilaturahmi dan merayakan ruang kota.
 
“Pandemi telah mengubah hubungan antarmanusia, yang awalnya kita sering bertemu tatap muka secara langsung, kini menjadi terbiasa dengan online. Ya, pandemi telah mengubah banyak cara hidup, salah satunya adalah cara kita bersosialisasi. Keuken 2022 menjadi momentum yang pas agar kita berkumpul kembali,” ujar Ican.
 
Sementara itu tema ‘health’ diaplikasikan dengan cukup unik oleh Keuken. Tiap tenant yang tampil di Keuken akan menginformasikan kandungan nutrisi dari masing-masing sajiannya.
 
“Aspek kesehatan bisa diawali dengan apa yang kita konsumsi, sementara makanan menjadi salah satu faktor yang memengaruhi kesehatan itu sendiri. Bagi kami, sebenarnya makanan apapun sehat, selama dikonsumsi dengan bijak. Maka itu setiap tenant akan menginformasikan kandungan nutrisi di tiap sajiannya," katanya.
 
Sejak pertama dikenalkan, Keuken memang membawa misi yang unik yaitu menghargai keragaman budaya di Indonesia lewat makanan. Ican menjelaskan, setiap harinya masyarakat harus dihadapi dengan beragam issue yang melibatkan nilai-nilai toleransi.
 
Lewat sajian kuliner, keragaman budaya ini menjadi hal yang bisa dinikmati. Keragaman budaya di Indonesia, lanjut Ican, justru merupakan nilai lebih yang melahirkan ribuan cita rasa dengan bahan baku yang berasal dari tanah air, diolah dengan kreativitas suku budaya masing-masing, dan jadi satu identitas daerah masing-masing.
 
“Lewat kuliner kita merayakan keragaman budaya itu. Keuken ingin berupaya menjadi satu momentum untuk menyajikan berbagai keragaman kuliner yang dimiliki oleh Indonesia, khususnya Kota Bandung,” katanya.
 
Keuken jadi wadah bagi jenama untuk memopulerkan usaha mereka. Bagi masyarakat Bandung, ada satu pandangan yang unik pada Keuken. Keuken kerap kali dianggap sebagai wadah bagi para jenama makanan Bandung untuk memopulerkan merek mereka masing-masing.

Untuk bisa menikmati kegiatan ini, tiket Keukeun 2022: Sunday Funday dibanderol Rp25 ribu per orang. Harga itu terbilang sangat terjangkau, mengingat banyaknya benefit yang bisa didapatkan oleh pengunjung. Misalnya, voucher Bobobox Rp25 ribu (untuk 1.000 orang pertama); konser musik yang digawangi banyak band keren di antaranya Cherry Bombshell dan Polyester Embassy; serta benefit lainnya.
 
Setelah Keukeun 2022: Sunday Funday, mereka akan membuat kegiatan lainnya, di antaranya ialah kegiatan serupa di Jakarta pada Desember 2022, dan Kota Solo pada Maret 2023.
(ROS)

MOST SEARCH