WISATA

Dubai akan Menjadi Kota Ramah Sepeda

Gervin Nathaniel Purba
Senin 31 Agustus 2020 / 09:21

Jakarta: Bersepeda menjadi salah satu olahraga yang tengah naik daun di saat pandemi seperti ini. Tak hanya di Jakarta, ternyata minat masyarakat untuk bersepeda juga sampai ke kota Dubai. 

Salah satu kota terkaya di Uni Emirat Arab ini sedang dirancang untuk menjadi kota paling ramah bagi para pencinta sepeda. Inisiatif ini menjadi bagian dari proyek Dubai Vision 2021 yang bertujuan menjadikan Dubai sebagai kota paling menyenangkan dalam hal pekerjaan, kehidupan, dan perjalanan.

Meskipun, Dubai identik dengan berbagai mobil mewahnya, tidak lama lagi kita akan segera melihat Dubai yang benar-benar baru. Putra Mahkota Sheikh Hamdan bin Mohammed bin Rashid Al Maktoum juga telah mengumumkan kebijakan tersebut dan menetapkan Undang-Undangnya.

Dikutip dari Times of India, penetapan Dubai sebagai kota ramah sepeda bertepatan dengan peringatan 50 tahun berdirinya Uni Emirat Arab (UAE).

embed

(Konstruksi akan dilakukan untuk mengembangkan 350 stasiun bertenaga surya di seluruh Dubai yang akan menampung 3.500 sepeda di jalanan. Foto: Ilustrasi. Dok. Pixabay.com)

Upaya ini juga mendukung strategi lalu lintas Dubai 2021 yang bertujuan untuk mengurangi kematian di jalan raya, dan strategi energi UEA 2050 yang menargetkan emisi karbon hingga 16 persen pada 2021.

Departemen transportasi umum Dubai telah membuat kemajuan dalam hal ini pada awal tahun dengan meluncurkan hampir 800 sepeda bayar sesuai pemakaian. Ini dilakukan dalam kemitraan dengan Careem, sebuah perusahaan berbagi tumpangan yang berbasis di Dubai.

Selama lima tahun ke depan, konstruksi akan dilakukan untuk mengembangkan 350 stasiun bertenaga surya di seluruh Dubai yang akan menampung 3.500 sepeda di jalanan.

Kota ini sudah memiliki jalur bersepeda sepanjang 425 km. Lalu, akan diperluas menjadi sekitar 650 km dalam tiga tahun ke depan.


(yyy)

MOST SEARCH