WISATA

MGN Summit Indonesia 2021: Pemulihan Pariwisata Indonesia

Yatin Suleha
Senin 18 Januari 2021 / 15:04
Jakarta: Sejak dipilih menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno terus menjalankan arahan dari Presiden Joko Widodo, khususnya untuk sektor pariwisata dan industri kreatif.

Peningkatan terhadap sektor pariwisata dan ekonomi kreatif merupakan hal yang penting karena sebagai salah satu penyumbang devisa bagi negara.

Tercatat dalam BPS, Kemenpar menyumbang sekitar USD20 miliar pada 2019, naik dari tahun sebelumnya USD16.426. Namun dikarenakan pandemi covid-19 proyeksi di tahun 2020 dengan target USD20 miliar merosot.

Juru Bicara Satgas Kemenparekraf, Ari Juliano Gema juga menyebutkan akibat pandemi covid-19, devisa sektor pariwisata 2020 hanya USD3 miliar - USD4 miliar, yang ditargetkan mencapai USD 20 miliar.

Pada 26 Desember silam dalam Rapat Strategi Meraih Kepercayaan Wisman & Wisnus untuk Berkunjung ke Destinasi Pariwisata di Era Adaptasi Baru, disampaikan ada inovasi, adaptasi, dan kolaborasi untuk menumbuhkan kembali sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) di Indonesia.

Sandiaga juga menggaungkan Slogan 3G yaitu #Gercep, #Geber, dan #Gaspol. #Gercep (Gerak Cepat) Gerak Cepat untuk mengakselerasi pemulihan pariwisata dan ekonomi kreatif tanah air. #Geber (Gerak Bersama) Gerak Bersama, berkolaborasi dengan seluruh stakeholders dan juga masyarakat. Serta #Gaspol (Garap Semua Potensi Lapangan Kerja). Setelah itu menggarap semua potensi lapangan kerja. 

Untuk memulihkan pariwisata selama satu tahun ke depan adalah akselerasi pembangunan infrastruktur lima destinasi super prioritas (5 DSP), yakni Danau Toba, Likupang, Mandalika, Borobudur, dan Labuan Bajo. 


mgn summit
(Media Group News Summit: Indonesian 2021 Solusi Maju Bersama, 27- 28 Januari 2021 menggabungkan konsep off air dan online yang terbagi ke dalam beberapa sesi. Foto: Dok. Media Group)


Hal ini menjadi salah satu concern yang akan dibahas dalam Media Group News Summit: Indonesia 2021 (MGN Summit) yang mengusung tema "Wonderful Indonesia: Reviving the Tourism Industry" yang akan dilaksanakan pada 27-28 Januari 2021.
 
Tema ini nantinya akan dimoderatori oleh Dirut Metro TV Don Bosco Selamun. Adapun narasumber dan panelis di antaranya Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Salahuddin Uno, Ketua Umum PHRI Hariyadi Sukamdani, Gubernur Nusa Tenggara Timur Viktor Laiskodat, Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah, Ketua Forum Pariwisata Indonesia Sapta Nirwandar.

Selain itu juga ada Direktur Tourism Development Center Universitas Andalas, Sumbar, Sari Lenggogeni, Senior Vice President Accor Group Adi Satria, Co-Founder Traveloka Albert Zhang, dan Direktur Niaga Citilink Benny Rustanto.

MGN Summit: Indonesia 2021 merupakan sebuah hybrid event. Acara ini menggabungkan konsep off air dan online yang terbagi ke dalam beberapa sesi. Dalam setiap sesinya, hadir beberapa pembicara dari perwakilan pemerintah, pengusaha, akademisi, dan para ahli.
 
Salah satu elemen penting dari MGN Summit ini adalah paparan hasil survei dari News Research Centre (NRC) Media Group News. Survei dilakukan secara nasional di 34 provinsi di Tanah Air. Survei akan menjadi pemantik dalam pembahasan di MGN Summit.
 
Empat hal yang disoroti dalam survei, yakni pemulihan ekonomi, kesehatan masyarakat, energi hijau, dan pariwisata. Di luar empat tema besar itu, MGN Summit juga akan membahas permasalahan terkini, terutama antisipasi dampak gelombang covid-19.
(TIN)

MOST SEARCH