WISATA

Libur Perayaan HUT Kemerdekaan RI, Transaksi Produk Akomodasi Mengalami Peningkatan

A. Firdaus
Rabu 23 Agustus 2023 / 12:19
Jakarta: Memperingati HUT Kemerdekaan ke-78 RI, Traveloka menegaskan komitmennya dalam transformasi digital industri pariwisata menuju Indonesia Maju 2045. Komitmen tersebut diwujudkan melalui kemitraan strategis dengan berbagai pemangku kepentingan, pemberdayaan komunitas loka, hingga inovasi untuk memastikan pariwisata yang berkelanjutan.

Iko Putera, CEO of Transport, Traveloka, mengatakan, inovasi berbasis teknologi merupakan inti dari bisnis Traveloka dan fokus Traveloka adalah untuk meningkatkan pengalaman pada setiap aspek perjalanan konsumen.

"Melalui inovasi, kolaborasi bersama mitra strategis dan mengadopsi praktik berkelanjutan, Traveloka secara konsisten berkontribusi mempercepat transformasi digital industri pariwisata yang merupakan salah satu penggerak ekonomi utama Indonesia," ujar Iko dalam keterangan pers.

Memasuki momen perayaan HUT ke-78 Kemerdekaan RI yang ditandai dengan hari libur
panjang (long-weekend), Traveloka mencatat peningkatan volume transaksi pada produk akomodasi sebesar 55,5% pada periode 31 Juli hingga 6 Agustus 2023, dibandingkan pada minggu sebelumnya.

Selain itu, pada periode yang sama, juga terjadi lonjakan pada volume transaksi pada transportasi darat (Bus dan Kereta) hingga mencapai 20%. Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, dan Semarang tercatat sebagai destinasi favorit pengguna.

Untuk mendukung peningkatan tren berwisata dan kemajuan UKM wisata, Traveloka menghadirkan Traveloka Travel Fair yang memanjakan konsumen dengan diskon hingga 50% untuk pemesanan hotel, tiket pesawat dan atraksi serta kesempatan mendapatkan kupon diskon tambahan sebesar 30%.

Salah satu wujud komitmen Traveloka demi Indonesia Maju 2045 adalah mendukung peningkatan tren berwisata dan kemajuan UKM wisata. Bentuknya berupa Traveloka Travel Fair. Pada event ini konsumen dimanjakan dengan diskon hingga 50% untuk pemesanan hotel, tiket pesawat dan atraksi serta kesempatan mendapatkan kupon diskon tambahan sebesar 30%.

Program Traveloka Travel Fair menjembatani transaksi antara pelanggan dengan UKM dan pemangku kepentingan industri wisata di Indonesia. Promo ini berlaku mulai 3 Agustus hingga 3 September 2023.
 

Transportasi darat masih favorit


Lebih lanjut, Traveloka melihat bahwa dalam mewujudkan transformasi digital, terdapat tiga
area penting yang perlu dibangun, yaitu digitalisasi para pelaku perjalanan, peningkatan literasi
digital sumber daya manusia (SDM) dalam industri pariwisata, serta inisiatif untuk memastikan
pariwisata berkelanjutan.

"Seluruh pemangku kepentingan dalam ekosistem pariwisata nasional perlu terlibat aktif dalam memastikan pertumbuhan setiap area tersebut," kata Iko.

Digitalisasi Transportasi Darat Bagi Indonesia, interkonektivitas merupakan salah satu faktor penting dalam memastikan mobilitas untuk meningkatkan produktivitas, termasuk pariwisata. Moda transportasi darat masih menjadi favorit wisatawan domestik.

Mengutip data dari Kementerian Perhubungan, sebanyak 13.744.563 orang penumpang melakukan perjalanan mudik dan balik pada periode libur Lebaran 2023 yang lalu. Dari jumlah tersebut, sebanyak 5.321.970 orang menggunakan moda transportasi darat yang terdiri dari 2.783.980 orang menggunakan angkutan jalan dan 2.537.990 orang menggunakan angkutan kereta api.

Seiring tingginya minat masyarakat terhadap transportasi darat, Traveloka secara konsisten
memastikan pengguna mendapatkan pengalaman yang terbaik dengan digitalisasi penyedia
layanan (Perusahaan Otobus) melalui platform Traveloka.

Data internal Traveloka mencatat, moda transportasi darat mengalami peningkatan signifikan
baik dari sisi transaksi hingga jumlah kemitraan. Hingga saat ini, mitra transportasi darat
Traveloka mencapai lebih dari 400 mitra PO Bus & Travel, serta lebih dari 600 mitra sewa mobil antar-jemput bandara.

Digitalisasi transportasi darat ini memberikan keuntungan bagi pengguna maupun operator.
Bagi pengguna jasa, layanan digital membuat proses transaksi jauh lebih cepat, hemat waktu
dan biaya, serta lebih nyaman tanpa harus mengantre, sekaligus bisa langsung membandingkan berbagai opsi layanan, jadwal dan harga yang ditawarkan masing-masing operator.

"Sedangkan bagi operator, layanan digital akan meningkatkan citra serta kepercayaan konsumen, hingga membuka peluang menggarap pasar lebih luas," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News

(FIR)

MOST SEARCH