WISATA

Pesona Pantai Jungwok dengan Bebatuan Karang

Arthurio Oktavianus Arthadiputra
Selasa 01 Desember 2020 / 13:14
Yogyakarta: Pantai selalu menjadi salah satu tempat wisata yang bisa kamu kunjungi untuk melepas lelah. Wilayah Selatan Yogyakarta misalnya, dikenal sebagai surganya pantai indah yang didominasi bebatuan karang. 

Satu pantai yang patut dimasukkan dalam daftar destinasi yang harus dikunjungi di Yogyakarta adalah Pantai Jungwok, dengan pesona garis pantai yang melengkung.

Berada di Desa Jepitu, Girisubo, Gunung Kidul, Yogyakarta, Pantai Jungwok berjarak sekitar 80 kilometer dari pusat kota. Waktu tempuh menggunakan kendaraan bermotor menghabiskan 2,5 jam perjalanan, dengan pemandangan khas perbukitan karst yang banyak ditumbuhi pepohonan jati.

Tiba di Pantai Jungwok, akan disambut oleh hamparan pasir pantai yang bersih, pandan laut, semilir angin pantai, debur ombak, birunya air pantai yang jernih dan bebatuan karang yang indah. 

Serunya lagi, pantai ini masih sepi pengunjung sehingga seperti pantai pribadi yang tersembunyi, saat menikmati pesona keindahan pantainya.


Pantai Jungwok
(Kokohnya batu karang seperti perisai alami yang tegar menghadang gempuran ombak yang datang. Hempasan air pantai ke dinding karang menghasilkan musik alami yang menakjubkan. Foto: Arthurio Oktavianus)
 

Watu topi


Pantai Jungwok diapit oleh pantai indah lain yang sering dikunjungi, yakni Pantai Wediombo di sisi timur dan Pantai Ngusalan di sisi barat.

Terdapat tiga saluran air tawar yang berujung di bibir Pantai Jungwok, dengan tebing karang yang tersebar di sisi timur. Satu batu karang besar di tepi pantai yang disebut Watu Topi oleh penduduk setempat, sering menjadi spot memancing oleh pengunjung.

Menikmati panorama Pantai Jungwok bisa kamu lakukan sambil duduk santai di susunan bangku batu marmer, atau dari celah batu karang besar yang teduh dan duduk beralaskan pasir.

Saat air pantai surut, hamparan karang bisa dijejaki dan melihat organisme penghuni pantai yang bermain di sela-sela batu karang. Seperti ikan-ikan kecil warna-warni, kerang laut, gurita dan rumput laut.


Pantai Jungwok 2
(Menikmati pesona Pantai Jungwok bisa dilakukan dengan berteduh di bawah tebing karang dan duduk beralaskan pasir pantai sembari memandang lepas pantai. Foto: Arthurio Oktavianus)
 

Berkemah


Menghabiskan malam di Pantai Jungwok sembari berkemah menjadi aktivitas yang menyenangkan. Suasana sepi nan tenang kala malam, dinikmati sembari memandang taburan bintang di langit gelap dari pintu tenda.

Terlebih, bila mendaki dan mendirikan tenda di Bukit Manjung, di sisi barat Pantai Jungwok. Tempat ini sangat menyenangkan untuk menanti mentari pagi. 

Pemandangan alam menakjubkan yang membantang saat membuka pintu tenda, bak lukisan alam yang tak tertandingi oleh apa pun. Pesona sepi nan indah Pantai Jungwok yang tak mampu ditolak untuk ditelusuri.
(TIN)

MOST SEARCH