WISATA

Ada Teknologi HEPA, Penumpang Enggak Khawatir Lagi Naik Pesawat

A. Firdaus
Sabtu 25 September 2021 / 17:15
Jakarta: Naik pesawat pada masa pandemi covid-19 memang berisiko, karena kita bisa sampai berjam-jam di kabin. Sehingga paparan virus mengancam kesehatan kita.

Tapi melalui teknologi HEPA (High-Efficiency Particulate Air) atau penyaringan partikel yang kuat, diklaim bisa menciptakan udara bersih dalam kabin pesawat. Hal itu dikatakan oleh Ade R Susardi selaku Direktur Layanan dan NIaga PT Garuda Indonesia dalam webinar beberapa waktu lalu.

Cara kerja HEPA adalah menghisap sebagian udara dalam kabin dan membuangnya ke luar. Sisanya, dipompa melalui filter udara HEPA, yang memungkinkan virus dan bakteri hilang.

"Setiap dua menit, udara dalam pesawat itu refresh, jadi lebih aman," terang Ade.

Selain itu, maskapai penerbangan juga tunduk kepada kebiasaan baru yang diatur sebagai syarat terbang, yang telah dikeluarkan Kementerian Kesehatan RI. Di antaranya, adalah vaksinasi dan bukti PCR antigen.

Bahkan di setiap langkah menuju atau keluar pesawat, penerapan protokol kesehatan tak lepas dilakukan. Sehingga penumpang dan maskapai benar-benar bisa saling menjaga dari penyebaran virus corona.
(FIR)

MOST SEARCH