End Google Analytics -->
WISATA

Prediksi Menparekraf Sandiaga Uno terkait Tren Pariwisata Indonesia pada 2023

Medcom
Selasa 27 Desember 2022 / 15:10
Jakarta: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno membeberkan tren yang akan berkembang di sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) pada 2023 mendatang. Menurutnya, bakal ada tren-tren terbaru pada sektor Parekraf yang lebih beragam.

Hal itu ia ungkap usai melihat kunjungan wisatawan mancanegara di Indonesia yang melampaui target. Menparekraf Sandiaga menuturkan bahwa akan ada target selanjutnya dengan tren-tren terbaru pada Parekraf yang lebih beragam.

"BPS (Badan Pusat Statistik) memberi catatan kunjungan wisman sudah mencapai 3,92 juta ke Indonesia. Karena itu, sektor pariwisata dan ekonomi kreatif tetap akan menjadi penggerak pertumbuhan ekonomi nasional," kata Sandiaga dalam Jumpa Pers Akhir Tahun (JPAT) 2022, Senin, 26 Desember 2022.

Nah, berikut ini beberapa tren yang mulai muncul pada 2022 dan akan lebih eksis pada tahun berikutnya. Berikut tren pariwisata pada 2023:
 

1. Culture Immersion


Culture Immersion ini memang sudah mulai digaungkan pada tahun 2022. Meluasnya desa wisata yang membuat wisatawan dapat berinteraksi langsung bersama para penduduk sekitar. Dengan hadirnya banyak desa wisata serta paket perjalanan yang lebih memudahkan, tren ini diprediksi akan tinggi wisatawan.
 

2. Wellness Tourism


Dilansir oleh Kementerian Kesehatan, Wellness atau healthy lifestyle tourism yang memberikan layanan peningkatan kesehatan, pemeliharaan, dan pencegahan yang lebih ditekankan pada relaksasi dan keindahan penampilan, seperti pemeliharaan kecantikan, berat badan, dan kebugaran.

Masyarakat sekarang mementingkan liburan yang memang bisa membuat mereka menjadi lebih sehat nan tenang, seperti tempat relaksasi tubuh.
 

3. Work From Destination


Work From Destination sudah mulai untuk dikembangkan. Sejak adanya pandemi Covid-19, tren ini memang mulai menaik untuk membangkitkan parekraf. Masyarakat bisa bekerja dari destinasi wisata yang memungkinkan para Digital Nomad untuk bekerja di daerah wisata Indonesia.

Digital Nomad merupakan istilah untuk orang-orang yang bekerja secara digital dari tempat yang berpindah-pindah. Biasanya Digital Nomad ini memilih tempat seperti perpustakaan, kafe, atau tempat pariwisata.
 

4. Off-Grid Travel


Off-Grid Travel menawarkan wisatawan untuk berlibur di alam yang tidak mengharuskan handal untuk menetap di alam bebas. Telah disediakan seperti penginapan, namun kamu tetap merasakan kebebasan karena sekitarnya adalah suasana alam bebas.

Sementara itu, Sandiaga melihat ekonomi kreatif mulai bangkit di Indonesia. Sudah banyak orang menyadari bahwa produk-produk lokal tidak kalah menarik dengan di luar sana. Mulai dari industri film, musik, produk-produk lokal, hingga circular fashion, yang mempertimbangkan bahan berkualitas.

Aulia Putriningtias
(FIR)

MOST SEARCH