WISATA

Lokasi Wisata Bali yang Wajib Dikunjungi Usai Pandemi

Nur Azizah
Minggu 08 November 2020 / 11:16
Jakarta: Bali menjadi primadona yang tak terelakkan bagi seluruh wisatawan. Sayangnya, pandemi covid-19 membuat wisatawan sedikit mengerem kegiatan traveling ke Pulau Dewata ini.

Kendati belum bisa pelesiran, ada lokasi wisata di Bali yang wajib dikunjungi usai pandemi covid-19. Mulai dari wisata alam, wisata budaya, hingga wisata kuliner.


bali
(Pramusaji Kamulilir menjelaskan macam-macam kopi setiap pengunjung yang datang. Foto: Dok. Nur Azizah)
 

1. Agrowisata Kumalilir


Lokasinya terletak di Desa Sebatu, Kecamatan Tegallalang, Kabupaten Gianyar, Bali. Wisata agrowisata ini menyuguhkan beragam kopi khas Bali hingga beragam macam teh.

Uniknya, tempat ini tidak menyediakan kopi kekinian seperti kedai kopi pada umumnya. Semua kopi dan teh disajikan dengan rasa original. 

Yang membuat betah, tempat ini menawarkan lanskap hutan dan sawah yang sangat indah. Di era pandemi saat ini, pengelola tempat wisata tetap mematuhi protokol kesehatan seperti yang diterapkan Kementerian Kesehatan serta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).


bali
(Macam-macam kopi dan teh yang disediakan di agrowisata Kamulilir. Foto: Dok. Nur Azizah)
 

2. Pura Tirta Empul


Tempat ibadah sekaligus tempat pemandian air suci ini terletak di jalan Tampaksiring, Gianyar, Bali. Tempat pemandian ini tak hanya diperuntukkan bagi warga Bali saja, siapapun bisa berendam di mata air ini.

Berdasarkan kepercayaan masyarakat setempat, Pura Tirta Empul bisa memberikan keberkahan dan kelancaran rezeki. Bagi wisatawan yang mandi di kolam dengan 13 pancuran, diyakini akan terhindar dari hal-hal buruk.

Untuk masuk ke lokasi ini, wisatawan harus dicek suhu tubuhnya. Mereka juga diharuskan menggunakan masker serta mencuci tangan.

Tak hanya wisatawan, protokol ini juga dijalani semua warga yang hendak beribadah ke pura. Ini menjadi prasyarat agar masyarakat terhindar covid-19.


bali
(Panorama Gunung Batur terlihat dari Grand Puncak Sari I. Foto: Dok. Nur Azizah)
 

3. Grand Puncak Sari I


Setelah lelah berkeliling, wisatawan bisa mencicipi kuliner khas Bali di Grand Puncak Sari I di Kintamani. Tak hanya menyajikan makanan yang enak, restoran ini juga menyuguhkan lanskap yang luar bisa.

Pengunjung akan dihadapkan dengan Gunung Batur yang menjulang dengan gagah. Udara yang sejuk menambah wisata kuliner anda semakin sempurna.

Untuk menjaga protokol kesehatan, Grand Puncak Sari I mengatur jarak setiap mejanya. Pengunjung jadi bisa menikmati kuliner tanpa takut tertular covid-19.
 

4. Tanah Lot


Bagi wisatawan yang ingin memburu sunset, Tanah Lot harus masuk daftar destinasi nanti. Destinasi ini terletak di desa Beraban, Tabanan Bali. Tanah Lot memiliki ombak yang tenang sehingga cocok untuk wisatawan yang ingin bersantai menghabiskan sore.

Itu tadi daftar destinasi yang bisa menjadi inspirasi setelah pandemi berlalu. Meski sudah ditemukan vaksin tetaplah menjadi traveler yang bertanggung jawab, tetap menjaga kebersihan dan kesehatan.
(TIN)

MOST SEARCH