FAMILY

Cenderung Lebih Kering, Bagaimana Cara Merawat Kulit Bayi yang Tepat?

Raka Lestari
Selasa 12 April 2022 / 12:10
Jakarta: Merawat bayi baru lahir merupakan momen yang membahagiakan dan sekaligus memberikan mengesankan, apalagi bagi mereka yang baru menjadi orang tua. Beberapa minggu pertama merupakan fase yang mengagumkan sekaligus melelahkan, di mana para orang tua belajar untuk memahami bayinya. Seringkali ada pertanyaan yang muncul terkait cara merawat bayi yang tepat.

Menurut dr. Miza Afrizal, Sp.A selaku dokter anak, perawatan bayi baru lahir yang baik akan menjadi landasan bagi pertumbuhan dan perkembangan anak nantinya. Selain itu, masa-masa ini juga menjadi penentu untuk terbentuknya hubungan orang tua dengan anak yang penuh kasih sayang.

Salah satu hal yang perlu menjadi fokus ketika merawat bayi, terutama bayi yang baru lahir adalah mengenai kondisi kulit mereka. Mengingat kulit bayi masih cenderung sensitif, perlu dilakukan perhatian ekstra dalam memilih perawatan kulitnya.

Dokter kulit dr. Fitria Agustina, Sp.KK, FINSDV, FAADV menjelaskan pentingnya merawat kulit bayi dan berbagi tips perawatannya, Jadi sebenarnya kulit bayi memiliki karateristik yang berbeda dengan kulit orang dewasa baik dari struktur maupun komposisi kulitnya.

“Kulit bayi sendiri memiliki lapisan stratum corneum yang 30 persen lebih tipis dengan komposisi Natural Moiturizing Factor (NMF) yang lebih rendah dibandingkan dengan kulit orang dewasa. Hal ini menyebabkan kulit bayi baru lahir lebih kering,” kata dr. Fitria.

“Hidrasi kulit bayi akan mengalami peningkatan dengan bertambahnya usia bayi dan mencapai puncaknya pada usai 3-12 bulan. Oleh karenanya, perawatan kulit si Kecil penting sekali untuk menjaga kelembapan kulitnya,” ujar dr. Fitria.
 

Cara yang tepat merawatnya


Tubuh memiliki mikroorganisme (bakteri, jamur, virus) baik atau yang dinamakan flora kulit normal (skin microbiome). Sehingga, penggunaan produk untuk bayi harus menggunakan bahan-bahan yang cocok digunakan untuk bayi dan tidak menggangu keseimbangan flora normal kulit si Kecil.

Oleh karena itu menurut dr. Fitria sebaiknya menggunakan produk-produk yang diformulasikan khusus untuk kulit bayi. Pilih yang bersifat hypoallergenic karena dapat mengurangi risiko alergi dan iritasi pada kulit bayi.

"Dan pilihlah pembersih yang lembut di mata bayi dan menjaga kelembapan kulit si Kecil,” tutupnya.
(FIR)

MOST SEARCH