INTERIOR

5 Tips Mendekorasi Kamar Bayi Berdasarkan Feng Shui

Raka Lestari
Selasa 05 April 2022 / 17:10
Jakarta: Saat harus mendekorasi kamar bayi, ada banyak hal yang perlu diperhatikan. Mulai dari bahan yang akan digunakan pada boks bayi, wallpaper, hingga aksesoris yang akan dipakai pada kamar bayi.

Salah satu hal yang tidak boleh dilupakan dalam mendekorasi kamar bayi adalah bagaimana menciptakan suasana yang tenang di kamar bayi berdasarkan feng shui. Donna Stellhorn, seorang ahli Feng Shui, memberikan tips dalam mengatur ruang kamar bayi untuk menciptakan ketenangan di kamar bayi. Berikut di antaranya:
 

1. Warna


Untuk menciptakan suasana yang tenang di kamar bayi, faktor warna sangat penting karena suasana hati, emosi, dan energi sering dipengaruhi oleh warna. Kombinasi warna yang menenangkan, seperti hijau dan biru, putih dan krem, atau merah muda dan kuning membuat bayi lebih cepat tidur.

Sedangkan warna-warna cerah seperti merah atau oranye dianggap sebagai warna aktif yang dapat membuat bayi tetap terjaga. Kuning dikaitkan dengan ingatan dan perasaan yang baik, dan bisa membuat bayi bahagia dan lebih cepat mempelajari bahasa. Warna hijau berkaitan dengan kesehatan dan pertumbuhan, pilihan yang baik untuk bayi prematur.
 

2. Dekorasi


Karena feng shui mengutamakan unsur-unsur alami, penting untuk memilih kayu dan bahan-bahan alami dibandingkan yang berbahan plastik ketika harus memilih furnitur, mainan, dan dekorasi. Dalam memilih tempat tidur, jendela, karpet, furniture, bahkan mainan, pilih desain yang bergerak dan mengalir yang mewakili elemen air dalam feng shui.
 

3. Pencahayaan


Dalam menciptakan pencahayaan berdasarkan feng shui, kata kunci yang perlu diingat adalah 'alami'. Stellhorn menyarankan penggunaan cahaya alami jika memungkinkan. Namun, ketika tiba waktunya untuk tidur, buat ruangan menjadi gelap.

Pakar feng shui juga mencatat bahwa dalam mengikuti feng shui, aturan umum adalah untuk tidak menggantungkan sesuatu yang berat di atas boks, atau terdapat benda berat di dekat boks, termasuk pencahayaan.
 

4. Penempatan boks bayi


Memilih tempat untuk menempatkan boks bayi merupakan bagian penting dalam feng shui. Aturan nomor satu adalah untuk tidak meletakkan boks di sebelah furnitur yang tinggi dan berat.

"Selain itu, hindari menempatkan boks di tengah ruangan. Bayi akan merasa lebih nyaman tidur di sebelah dinding yang kokoh di setidaknya satu sisi boks. Jika dapat meletakkan boks di sudut, maka ada dua dinding, itu lebih baik," terang Stellhorn.
 

5. Jauhkan dari gangguan


Laura Benko, penulis The Holistic Home, mengatakan bahwa gangguan tidak hanya berupa sesuatu yang berisik, melainkan juga yang tidak terlihat secara visual.

"Mainan-mainan yang berserakan dapat menghambat hal-hal baik pada bayi muncul ke permukaan. Banyaknya gangguan membuat bayi tidak memiliki kejernihan pikiran dan dapat membebani bayi secara emosional," kata Laura.

Untuk menghindarinya, simpan mainan dan barang-barang lainnya di keranjang atau tempat penyimpanan, dibandingkan dengan memajangnya atau membiarkannya berserakan di kamar.
(FIR)

MOST SEARCH