FAMILY

Perhatikan Baik-baik! Ini 5 Cara Tingkatkan Perkembangan Kreatif Anak

Medcom
Kamis 29 September 2022 / 15:16
Jakarta: Masa anak-anak merupakan waktu yang tepat untuk membantu mereka menjadi lebih kreatif. Maka dari itu, orang tua menjadi peran penting dalam membantu si kecil agar kreativitas meningkat.

Anak-anak yang belajar berpikir kreatif akan baik dalam memecahkan masalah dan menghadapi tantangan. Rasa bahagia, sejahtera, tidak terlalu cemas, serta sistem kekebalan yang kuat dapat mereka miliki.

Terlibat dalam ekspresi diri yang kreatif merupakan praktik kesehatan yang bermanfaat bagi si kecil, seperti menghabiskan waktu di luar dengan pengawasan, beri nutrisi baik, tidur, serta latihan fisik.

Sebagai orang tua juga bisa menerapkan cara ini agar dapat membantu meningkatkan perkembangan kreativitas anak. Berikut di antaranya:
 

1. Dengarkan dan perhatikan


Kreativitas dimulai ketika si kecil melihat sesuatu yang menarik di mata mereka. Jadikan hal tersebut sebagai perhatianmu dan dengarkan apa saja yang anakmu ingin lakukan.
 

2. Bagikan pengamatan


Jika anakmu sudah siap untuk berbicara, kamu bisa dengarkan apa yang anakmu pikirkan tentang minat dan bagaimana mereka ingin kembangkan hal tersebut. Kamu bisa berikan pengamatanmu juga.
 

3. Tentukan tujuan realistis jangka panjang dan pendek


Setelah berikan pengamatan, jika anakmu merasa memiliki ketertarikan besar terhadap minat tersebut, kamu bisa bimbing mereka dan berikan gambaran mengenai minat tersebut, baik jangka panjang maupun pendek.
 

4. Biarkan tujuan dan aktivitas menjadi milik anak


Tidak sedikit orang tua yang memaksa anak untuk mengikuti tujuan mereka dengan alasan realistis. Namun, untuk mendukung meningkatkan kreativitas anak, kamu harus biarkan tujuan dan aktivitas menjadi milik anak.

Daripada mengekang, kamu bisa mengawasi serta mendukung tujuan dan aktivitas tersebut. Sebagai orang tua, kamu juga harus bisa bekerja sama dengan anak sendiri.
 

5. Perhatikan tidur anak


Tidur menjadi aktivitas sangat penting karena memengaruhi kesehatan, kebahagiaan, kesejahteraan, dan kecerdasan. Jika kamu membiarkan anak tidur tidak cukup waktu, tubuh anak akan merasa lemas dan cenderung tidak bisa berkonsentrasi.

Kreativitas bukan hanya sekadar seni. Namun, segala aspek ilmu di dunia pun juga membutuhkan suatu kreativitas untuk lebih berkembang. Kuncinya adalah orang tua bisa bekerja sama dengan anak untuk mendukung anak meningkatkan kreativitas mereka.

Aulia Putriningtias
 
(FIR)

MOST SEARCH