FAMILY

Tips dan Trik Memasak Bersama di Akhir Pekan

Yatin Suleha
Selasa 09 Agustus 2022 / 13:35
Jakarta: Kegiatan memasak bersama bisa menjadi salah satu pilihan mudah yang bisa dikembangkan sebagai sebagai momen berkualitas keluarga di akhir pekan. Melalui kegiatan memasak bersama, banyak manfaat yang juga bisa diraih oleh seluruh anggota keluarga.

Hal tersebut mulai dari membangun kedekatan di mana hormon oksitosin dihasilkan dan bisa memberikan rasa aman, nyaman dan hangat, pengembangan karakter bagi buah hati, meningkatkan rasa percaya diri ibu dan anak, serta daya imajinasi buah hati. 

Hal ini pun dilakukan aktris sekaligus mom influencer, Ayudia Chaerani atau yang lebih dikenal dengan Ayudia Bing Slamet. Ia menjelaskan bahwa walaupun terkadang merasa kurang percaya diri (dalam hal memasak), biasanya ia selalu mencari cara agar buah hati juga mau terlibat dalam kegiatan memasak bersama. 

“Kreasi antigagal berbahan Kraft Quick Melt ini bisa memudahkan ibu-ibu di rumah melakukan eksperimen masak bersama anak, apalagi kita bisa menerapkannya di masakan yang simpel hanya dengan bahan-bahan yang ada di rumah dan pastinya antigagal. Pakai Kraft Quick Melt lelehnya sempurna, tidak seperti keju leleh lain,” jelas Ayudia C dalam acara "Solusi Masak Simpel, Leleh Sempurna, Anti Gagal" bersama Kraft.

Lebih lanjut mengenai kebersamaan keluarga di akhir pekan, Vera Itabiliana selaku Psikolog Anak dan Keluarga Tiga Generasi menjelaskan bahwa keluarga merupakan sumber inspirasi dan kebahagiaan buah hati, sehingga waktu berkualitas bersama keluarga akan sangat memengaruhi proses tumbuh kembangnya. Oleh karena itu, pemanfaatan waktu di akhir pekan perlu dioptimalkan. 

"Banyak manfaat yang bisa diraih oleh seluruh anggota keluarga melalui kegiatan memasak bersama di akhir pekan, mulai dari membangun kedekatan, kemandirian, kemampuan kerja sama, percaya diri hingga kreativitas buah hati," jelas Vera.



(Psikolog Vera mengatakan agar ajak anak untuk ikut serta saat memasak. Ini biasanya akan lebih mendorongnya untuk mau terlibat. Foto: Dok. Istimewa)


Meskipun terkesan mudah, ternyata masih banyak ibu yang merasa kurang percaya diri untuk melibatkan buah hati dalam kegiatan memasak bersama. Alasannya pun beragam, mulai dari bingung dengan menu yang itu-itu saja, anak merasa kurang antusias di dapur hingga takut gagal mencoba resep baru. 

Dian Ramadianti selaku Senior Marketing Manager Keju Kraft menjelaskan, Kraft percaya akhir pekan merupakan momen yang tepat untuk menggantikan waktu kebersamaan keluarga yang hilang karena kesibukan dan rutinitas harian. 

Berbekal semangat “Lelehnya Asli, Semangatnya Pasti” Kraft Quick Melt hadir sebagai solusi simpel antigagal untuk berkreasi dengan keju cepat leleh bertekstur sempurna untuk menjadikan kebersamaan keluarga di akhir pekan lebih bermakna," beber Dian.

Nah, berikut ini tips praktis memasak sebagai momen berkualitas keluarga di akhir pekan dari Psikolog Vera Itabiliana:

1. Bicarakan dengan semua anggota keluarga bahwa perlu ada momen berkualitas bersama keluarga. Orang tua bisa mengatakan bahwa momen ini dilakukan sebagai momen untuk membangun kedekatan (biasanya anak akan lebih terdorong untuk mau daripada ini dipandang sebagai tugas atau kewajiban)

2. Tentukan kreasi menu apa yang ingin dimasak. Sebagai contoh, setiap anggota keluarga bisa bergantian memberikan usulan masakan

3. Pembagian tugas: ajak anak terlibat untuk berkreasi dengan bahan makanan, bisa dengan membuat atau melipat adonan, mencetak bahan, maupun kegiatan lainnya yang tidak berbahaya bagi buah hati

4. Fokus berkegiatan dan berinteraksi bersama dengan menyenangkan (tidak perlu terlalu banyak kritik dan aturan yang tidak krusial selama momen kebersamaan ini dihabiskan)

5. Jangan lupa untuk bangun kehangatan saat menikmati sajian bersama keluarga, karena ada penelitian yang menemukan bahwa keluarga yang rutin makan bersama berdampak positif pada kesejahteraan psikologis dan perilaku anak

(TIN)

MOST SEARCH