YOUR FASHION

7 Cara Tepat Mencuci Pakaian agar Tidak Cepat Rusak

Yuni Yuli Yanti
Selasa 16 Agustus 2022 / 09:00
Jakarta: Mencuci adalah salah satu cara dalam merawat pakaian agar selalu bersih, wangi dan tahan lama. Namun, perlu diingat bahwa mencuci pakaian juga harus dilakukan dengan benar lho! 

Pasalnya, jika asal-asalan, justru membuat pakaian jadi rusak dan kamu bisa menyesal sesudahnya karena busana kesayanganmu tidak bisa dipakai lagi. Tentu kamu enggak menginginkan hal itu ya!

Nah, untuk menghindarinya kamu bisa mengikuti cara tepat mencuci pakaian yang dikutip dari Instagram Donna Prive Official, berikut ini:

1. Membaca label pakaian merupakan hal utama dalam merawat pakaian. Dengan membaca label akan memudahkanmu dalam mengetahui jenis bahan dan cara perawatannya. 

2. Pastikan kamu menggunakan air dingin ketikan mencuci pakaian. Hal ini agar pakaian yang dicuci tidak cepat rusak dan pudar. 

3. Baliklah pakaian saat hendak dijemur. Alasannya, karena paparan sinar matahari dapat membuat warna pakaian cepat pudar. Oleh karena itu, balik pakaian dan hindari menjemur di bawah sinar matahari langsung. 


(Saat dijemur sebaiknya pakaian dibalik agar warnanya tidak cepat pudar karena sinar matahari. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)


4. Saat mencuci pisahkan antara pakaian berwarna dengan yang putih. Ini perlu dilakukan agar warna pakaian tidak rusak karena pakaian lain. 

5. Gunakanlah pemutih alami seperti lemon atau baking soda untuk menghilangkan noda pakaian. 

6. Hindari terlalu sering memakai mesin pengering, karena dapat membuat bahan pakaian cepat rusak. 

7. Letakkan pakaian pada lemari yang bersih untuk menghindari debu dan serangga. Perhatikan juga kebersihan lemari dan usahakan tidak lembap karena bisa menyebabkan jamur pada pakaian. 
(yyy)

MOST SEARCH