INTERIOR

5 Tanaman Indoor 'Mini' yang Lucu, Penghias Ruang Hunian

Mia Vale
Rabu 15 Juni 2022 / 11:15
Jakarta: Tanaman hias yang diletakkan di dalam rumah, bisa menyaring udara sekitar, meningkatkan kelembapan di lingkungan, dan menambahkan sentuhan alam ke lingkungan kita. Namun, tidak semua orang memiliki ruang untuk membudidayakan daun rebab atau tanaman pinang di dalam ruangan.

Nah, melansir dari The Spurce, untuk beberapa tanaman hias ini tak perlu media atau ruang letak yang besar. Cukup tanam salah satu tanaman indoor kecil yang lucu ini di cangkir teh, di pot kecil, atau wadah apapun yang menurutmu bisa mempercantik ruangan di rumah.
 

1. Baby tears


Segudang daun kecil memberi karakter dan pesona pada tanaman hias yang mudah ini. Tumbuhkan air mata bayi di terarium kecil atau di bawah cloche kaca di bawah sinar matahari yang disaring cerah untuk memberi tanaman kecil ini kelembapan yang diinginkannya agar tetap subur.
 

2. Scotch Moss


Scotch moss bukanlah lumut sejati, melainkan herbal abadi hijau yang menyelimuti tanah dengan tikar padat dan kuat dari tanaman setinggi satu hingga dua inci, yang masing-masing menyebar selebar 8 hingga 10 inci. Gerimis yang sering akan membuat lumut tetap segar dan cerah.

Cahaya tidak langsung dari jendela yang menghadap ke utara akan membantu mempertahankan warna kehijauan tanpa membakar tanaman. Jika lumut menghasilkan bunga putih kecil, kamu akan tahu bahwa pertumbuhan telah sempurna.
 

3. Wooly Thyme


Di mana pun kamu membutuhkan aromaterapi, letakkan wadah Thymus pseudolanuginosus. Daunnya yang lembut dan halus sangat mudah disentuh dan mengeluarkan aroma thyme yang gurih.

Tanaman yang tumbuh lambat ini, hanya mencapai tiga inchi tingginya dan merayap perlahan untuk membentuk tikar wol yang lebat dalam wadah matahari penuh (dan bahkan mungkin berbunga). Beri air thyme wol secukupnya, saat permukaan tanah kering saat disentuh.
 

4. Violet Afrika


Violet Afrika (Saintpaulia) adalah tanaman lama didorong oleh varietas baru yang menyenangkan dan funky dengan mekar acak-acakan atau picotee dan dedaunan beraneka ragam. Satu hal yang tidak berubah adalah ukuran kompak bunga violet Afrika, dan sifatnya yang berbunga bebas.

Jaga agar violet Afrika tetap lembap dan terikat pot. Beri mereka cahaya terang, dan beri mereka pupuk bunga yang seimbang untuk membuatnya tetap tampil sepanjang tahun.
 

5. Air plant


Epifit atau tanaman udara ini hidup bertengger di cabang-cabang di lingkungan bebas embun beku, mengambil kelembapan yang mereka butuhkan dari udara menggunakan sisik yang disesuaikan secara khusus pada daun runcing mereka.

Pasang di kayu apung, atur dalam keranjang, atau buat terarium mini bebas tanah untuk tanaman bebas ini. Mereka tumbuh sangat lambat dan membutuhkan sedikit lebih dari sinar matahari parsial dan perendaman mingguan dalam air untuk tetap terhidrasi.
(FIR)

MOST SEARCH