INTERIOR

Inilah Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Berkebun bagi Pemula

Raka Lestari
Rabu 06 April 2022 / 11:10
Jakarta: Berkebun memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Dan tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan fisik, berkebun juga bisa bermanfaat bagi kesehatan mental.

Namun memang, tidak semua orang bisa langsung berkebun secara mahir. Ada tahapan-tahapan yang perlu dilalui untuk bisa menjadi ahli dalam berkebun.

Berikut ini adalah beberapa tips berkebun bagi pemula dari Margaret Roach, penulis buku A Way to Garden:
 

1. Jangan membeli setiap tanaman yang kamu inginkan


Jika kamu selalu ingin membeli segala macam jenis tanaman yang menarik buatmu, ini akan membuat taman yang ada di kebun menjadi tidak seragam dan justru menjadi tidak beraturan. Cobalah untuk membeli lebih sedikit jenis tanaman, namun dengan jumlah yang banyak untuk ditanam.
 

2. Membuat sistem irigasi


Membuat sistem irigasi sangat diperlukan terutama jika kamu ingin menaman berbagai jenis sayuran. Dengan memasang sistem irigasi, terutama sistem irigasi tetes, maka kamu bisa menghemat waktu dan menghemat air yang akan digunakan pada tanaman-tanaman milikmu tersebut.
 

3. Mengetahui gulma yang ada


Mempelajari nama dan karakterisitik gulma yang biasa terdapat pada tumbuhan yang sedang kamu tanam merupakan hal yang sangat penting. Cara menghadapi gulma pada tanaman, berapa takaran obat gulma yang harus digunakan, sampai bagaimana cara mencegah gulma perlu kamu ketahui untuk menjaga kesehatan tanamanmu.
 

4. Sebagian besar serangga bukanlah hama


Sebagian besar serangga yang hinggap pada tanamanmu sebenarnya bermanfaat atau tidak berbahaya dan tidak perlu dikhawatirkan. Untuk mengetahui serangga apa saja yang berguna bagi tanaman, kamu bisa mencari tahunya di internet atau melalui berbagai aplikasi mengenai berkebun yang bisa kamu unduh dari ponsel pintar milikmu.
(FIR)

MOST SEARCH