FITNESS & HEALTH

3 Bahan Natural untuk Membantu Masalah Asam Lambung

Kumara Anggita
Senin 30 November 2020 / 18:05
Jakarta: Makanan enak dan lezat memang bikin puas. Namun di sisi lain, pencernaan kamu bisa terganggu setelah mengonsumsinya. Perut kamu jadi sakit atau tidak nyaman karena mag, gastritis, atau refluks asam lambung yang kambuh.

Bila kamu mengurangi penggunaan obat, mungkin kamu bisa mengurangi gejalanya dengan bahan-bahan natural. Beberapa bahan natural yang dilansir Healthline antara lain:
 

1. Teh chamomile


Teh chamomile dikenal membantu kamu tidur dan menenangkan kecemasan. Ramuan ini juga bisa meredakan ketidaknyamanan usus dan meredakan gangguan pencernaan dengan cara mengurangi asam lambung di saluran pencernaan. Chamomile juga bertindak sebagai anti-inflamasi untuk menghentikan rasa sakit.

Konsultasikan dengan dokter sebelum meminum teh chamomile jika kamu mengonsumsi pengencer darah. Chamomile mengandung bahan yang berfungsi sebagai antikoagulan, sehingga ada risiko pendarahan jika dikombinasikan dengan pengencer darah.
 

2. Jahe


Jahe merupakan obat alami lain untuk gangguan pencernaan karena dapat menurunkan asam lambung. Asam lambung yang terlalu sedikit menyebabkan gangguan pencernaan, sementara terlalu banyak asam lambung juga memiliki efek yang sama.

Minumlah secangkir teh jahe seperlunya untuk menenangkan perut kamu dan menghilangkan gangguan pencernaan. Pilihan lain termasuk menghisap permen jahe, meminum ginger ale, atau membuat air jahe sendiri. Rebus satu atau dua helai jahe dalam empat gelas air. Tambahkan rasa dengan lemon atau madu sebelum diminum.

Batasi konsumsi jahe hingga 3 hingga 4 gram per hari. Terlalu banyak mengonsumsi jahe dapat menyebabkan gas, tenggorokan terbakar, dan mulas.
 

3. Air jeruk nipis


Efek alkali dari air lemon juga menetralkan asam lambung dan meningkatkan pencernaan. Campur satu sendok makan jus lemon dengan air panas atau hangat dan minum beberapa menit sebelum makan.

Selain meredakan gangguan pencernaan, air lemon atau jeruk nipis juga merupakan sumber vitamin C yang sangat baik. Namun, terlalu banyak dapat merusak enamel gigi dan menyebabkan peningkatan buang air kecil. Untuk melindungi gigi kamu, bilas mulut kamu  dengan air setelah minum air lemon.
(FIR)

MOST SEARCH