FITNESS & HEALTH

Postur Tubuh saat Minum Obat Tentukan Cara Kerjanya pada Seseorang

Mia Vale
Kamis 29 September 2022 / 07:00
Jakarta: Tahukah kamu bahwa postur tubuh sebenarnya dapat menentukan seberapa baik obat itu bekerja? Sebuah studi baru-baru ini oleh para peneliti di Universitas John Hopkins menemukan bahwa posisi tubuh memiliki pengaruh besar pada seberapa cepat obat akan diserap oleh tubuh.

Studi tersebut mengatakan bahwa jika seseorang berdiri tegak saat minum obat, pil akan mendarat di daerah ujung perut. Bahkan ketika minum obat sambil berbaring dan condong ke kanan, pil juga langsung masuk ke perut dan karena pil larut dengan sangat cepat. Namun, para peneliti mengatakan bahwa jika kamu berbaring dan bersandar ke kiri, itu tidak larut dengan cepat dan tidak dapat diserap oleh tubuh.

Seperti yang telah dilansir dari Times of India, para peneliti mengatakan bahwa jika pil membutuhkan waktu 10 menit untuk larut saat diminum di sisi kanan, akan membutuhkan waktu 23 menit untuk larut saat berdiri tegak dan akan membutuhkan 100 menit untuk larut saat diminum berbaring di sisi kiri.

"Kami sangat terkejut bahwa postur memiliki efek yang sangat besar pada tingkat pembubaran pil," ujar penulis senior Rajat Mittal, Insinyur Johns Hopkins dan ahli dalam dinamika fluida. 


(Posisi tubuh memiliki pengaruh besar pada seberapa cepat obat akan diserap oleh tubuh. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)


Model yang dikembangkan oleh tim, yang disebut StomachSim, tampaknya menjadi salah satu yang pertama dapat melakukan simulasi realistis dari perut manusia yang meniru apa yang terjadi di dalam perut saat mencerna makanan, atau dalam hal ini, obat-obatan. 

Ini adalah aspek perawatan kesehatan yang penting bagi orang tua khususnya. Memberi mereka obat berdasarkan postur dapat menghemat waktu karena obat dapat bekerja dengan cepat. Ingat, postur tubuh yang salah dapat menunda efek obat selama satu jam.

Perlu diketahui, sebagian besar pil bekerja hanya setelah mereka larut dengan benar. Setelah kandungan pil dikeluarkan oleh lambung ke usus, barulah terlihat efek pil pada tubuh. Jadi, semakin dekat pil mendarat ke bagian bawah lambung, antrum, semakin cepat mulai larut dan mengosongkan isinya melalui pilorus ke duodenum, bagian pertama dari usus kecil. Jika kamu membidik pil untuk bagian perut ini, postur sangat penting untuk gravitasi dan asimetri alami perut.
(yyy)

MOST SEARCH