FITNESS & HEALTH

Jangan Berbaring sehabis Makan, Ini Bahayanya

Kumara Anggita
Rabu 13 Januari 2021 / 06:00
Jakarta: Perut kenyang karena makan kerap membuat kita jadi ingin membaringkan badan. Perlu diketahui, kebiasaan seperti ini seharusnya kamu tinggalkan, karena ini cukup membahayakan untuk pencernaannya.

Dikutip dari Healthline, saat kamu berbaring setelah makan, asam lambung bisa naik dan menyebabkan rasa tidak nyaman. Kondisi ini lebih mungkin terjadi jika kamu menderita refluks asam atau penyakit gastroesophageal reflux (gerd).

Gerd adalah gangguan pencernaan yang terjadi ketika asam lambung sering mengalir kembali ke kerongkongan (saluran yang menghubungkan tenggorokan ke perut). Lapisan esofagus kamu bisa teriritasi oleh refluks asam ini.
 

Kapan waktu yang tepat berbaring setelah makan?


Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam American Journal of Gastroenterology, pasien dengan gerd diminta untuk menunggu 3 jam setelah makan sebelum berbaring.

Sementara, jika kamu mengalami hipotensi postprandial, Harvard Medical School menyarankan untuk berbaring selama satu jam atau lebih setelah makan.
 

Apa itu hipotensi postprandial?


Selama pencernaan, darah ekstra dialihkan ke perut dan usus kecil. Jika jantung dan pembuluh darah kamu tidak mengimbangi hal ini dengan baik, tekanan darah akan menurun di semua tempat kecuali sistem pencernaan. Penurunan ini bisa menyebabkan pusing dan dapat memicu mual, pingsan, serta angina.

Jika kamu sering mengalami gangguan pencernaan setelah makan, buatlah janji dengan dokter. Mereka dapat merekomendasikan perubahan gaya hidup atau pengobatan untuk mengobati dan meredakan gejala kamu.
(FIR)

MOST SEARCH