BEAUTY

Mana yang Pertama, Concealer atau Foundation?

Mia Vale
Minggu 24 Oktober 2021 / 10:00
Jakarta: Riasan adalah bentuk seni, penuh dengan ekspresi diri dan imajinasi, tetapi ada juga sedikit ilmu yang terlibat. Dan bagi sebagian orang, ini menyenangkan, tidak diragukan lagi.  

Namun bukan berarti kita tidak pernah salah dalam mengaplikasikan produk rias. Atau menggunakan produk make up dengan cara yang kurang tepat. Misal, mana yang lebih dulu digunakan, concealer atau foundation? Kali ini, kami telah melansir penjelasannya dari Mindbodygreen, untuk kamu. 
 

Mana lebih dulu, concealer atau foundation? 


Umumnya, penata rias merekomendasikan memulai dengan alas bedak, kemudian menggunakan concealer sebagai sentuhan. Seperti namanya, alas bedak adalah dasar dari rutinitas riasan, alas yang menciptakan kanvas yang rata. Concealer akan sedikit digunakan bila mengaplikasikan foundation terlebih dulu. 

Dan ketika kamu mengaplikasikan concealer terlebih dulu, kamu akan menghapus lebih banyak dengan pemakaian foundation. Kemudian jika kamu mengoleskan kembali concealer untuk menutupi noda, kulit bisa terlihat seperti kue dan tidak merata.


Mana yang lebih dulu digunakan concealer atau foundation
(Foundation digunakan sebelum memakai bedak agar kulit wajah terlihat lebih mulus dan menyamarkan noda. Jenis foundation antara lain padat, krim, dan cair di mana ketiganya disesuaikan dengan jenis kulit wajah. Foto: Ilustrasi/Pexels.com) 
 

Bagaimana menerapkannya?


Untuk aplikasi yang mulus, pilih alas bedak yang cocok dengan kulitmu. Lalu bubuhkan pada area yang ingin ditutupi, usap dengan spons kecantikan basah agar alas bedak merata. Jika ingin hasil akhir yang lebih ringan, bisa mencampurkan foundation dengan pump dari primer kamu untuk menutupinya dan membiarkan sebagian kulit terlihat.  
 

Kapan gunakan concealer terlebih dulu? 


Hal ini bisa diterapkan saat kamu menggunakan korektor warna, di mana untuk menetralkan perubahan warna pada kulit. Misal, ungu dapat menghilangkan kepucatan, jeruk-persik dapat menghangatkan bayangan dingin, dan sebagainya.

Yang mengatakan, kamu ingin menerapkannya langsung pada area yang membutuhkan malam daripada di atas lapisan alas bedak (yang hanya akan menutupi noda).  

Jadi dalam hal ini, kamu perlu mengaplikasikan concealer pengoreksi warna, lalu alas bedak, kemudian concealer yang lebih netral untuk meningkatkan kecerahan, jika diperlukan. Untuk menutupi noda di bawah mata, sebaiknya gunakan concealer. 
 

Bagaimana menerapkannya?


Untuk bagian bawah mata yang halus, ujung jari kamu adalah semua yang kamu butuhkan untuk mengaplikasikan concealer. Kehangatan jari akan membantu produk meleleh dengan mulus ke dalam kulit, membantu mencegah kusut selama pemakaian.

Setelah itu dapat melengkapinya dengan bedak tabur untuk menjaga pigmen tetap di tempatnya, bila mau. 

Ada banyak cara untuk merias wajah. Dan tidak ada ilmu pasti untik diikuti. Namun memang, para ahli biasanya menggunakan alas bedak terlebih dulu, baru concealer.

Tentu saja, ada beberapa peringatan (terutama korektor warna dan concealer di bawah mata). Kamu hanya perlu mengikuti rutinitas yang disukai. Cukup sesederhana itu.  

(TIN)

MOST SEARCH