BEAUTY

Tips Memakai Produk Eksfoliasi agar Tidak Merusak Skin Barrier

Yuni Yuli Yanti
Rabu 28 September 2022 / 10:08
Jakarta: Ladies, tentu kamu sudah tidak asing mendengar kata eksfoliasi ya. Salatu satu rutinitas perawatan kulit ini dilakukan untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran yang menempel di permukaan kulit. Dengan melakukan eksfoliasi wajah secara rutin, kulit akan terlihat lebih cerah, terhindar dari jerawat, dan meminimalkan munculnya kerutan halus di wajah.

Sayangnya, meski bagus untuk kecantikan kulit, eksfoliasi tidak boleh dilakukan sembarangan. Pasalnya, jika kamu asal-asalan dalam melakukannya yang ada justru eksfoliasi dapat merusak skin barrier. 

Seperti diketahui, skin barrier adalah lapisan kulit bagian atas yang berguna sebagai pelindung atau mantel alami kulit. Jika skin barrier rusak, kamu akan mengalami berbagai masalah kulit seperti kemerahan, gatal, kering, hiperpigmentasi hingga kulit yang rentan infeksi. 

"Kerusakan skin barrier bisa dipicu oleh beberapa hal. Mulai dari polusi, paparan sinar matahari dan yang paling sering karena pemakaian produk skincare atau kosmetik yang tidak tepat dan berlebihan. Termasuk penggunaan produk eksfoliasi yang berlebihan," kata dr. Andini Bulan Sari, SpKK-Dermatologist di acara 'Beauty Editor Gathering LABORÉ', di Sheraton Grand Jakarta, Hotel Gandaria City, Selasa (27/9). 

Menurut dr. Andini, tipe dan jenis kulit setiap orang berbeda-beda. Untuk orang dengan tipe kulit cenderung berminyak (oily) tidak ada gangguan ke arah kulit sensitif mungkin menggunakan produk-produk eksfoliasi yang ada di pasaran enggak ada masalah. Tapi, harus berhati-hati pada orang yang kulitnya cenderung sensitif. 

"Produk eksfoliasi itu juga macam-macam ada yang konsentrasinya rendah sampai ke tinggi. Jadi kamu harus pintar-pintar saat menggunakannya," tuturnya. 


(Dr.  Andini Bulan Sari, SpKK-Dermatologist. Foto: Dok. Yuni)


Lebih lanjut, dr. Andini memberikan tips dalam pemakaian produk eksfoliasi agar skin barrier-mu tetap sehat dan terjaga, di antaranya: 

1. Mulai dari konsentrasi rendah. Produk eksfoliasi memiliki jenis yang beragam seperti AHA, BHA, atau retinoid acid. Untuk kamu yang kulitnya sensitif sebaiknya pilih dari konsentrasi yang paling ringan baru seiring waktu dinaikkan konsentrasinya.

2. Jangan pakai produk eksfoliasi setiap hari, karena akan menimbulkan sensasi tidak nyaman. Sebaiknya pakai seminggu sekali terlebih dulu, lalu naik levelnya seiring waktu. 

3. Hindari memakai langsung beberapa jenis produk eksfoliasi. Misalnya, dipakai saat pagi, siang, dan malam. Ingat, pemakaian produk eksfoliasi yang berlebihan tentu akan merusak skin barrier. 

4. Produk eksfoliasi membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan kulit. Maka, untuk menghindari terjadinya iritasi dan rusaknya skin barrier, kamu bisa menggunakannya dengan cara layering. Misalnya, kamu pakai pelembap, lalu produk eksfoliasi, dan tutup dengan pelembap lagi.  
(yyy)

MOST SEARCH