BEAUTY

Benarkah Mandi Air Hangat Bikin Awet Muda? Ini Jawaban Ahli

Medcom
Kamis 30 Juni 2022 / 08:00
Jakarta: Setelah mandi air hangat, tubuh biasanya akan terasa rileks dan nyaman. Apalagi, di tengah pandemi seperti sekarang ini, mandi air hangat sangat diperlukan untuk menjaga tubuh terhindar dari berbagai virus. 

Namun, bukan cuma itu, ternyata mandi air hangat juga bisa bikin kamu terlihat lebih awet muda. Kok bisa ya? 

Menurut Dermatologist, dr. Fitria Agustina, SpKK, FINSDV, mandi air hangat memang bisa membuat awet muda. Namun, ia mengingatkan bahwa kegiatan ini harus dilakukan dengan benar. Artinya, kamu mandi di temperatur 37-38 derajat celcius dan tidak lebih dari 10 menit.

“Ini dapat mencegah penuaan dini dan meningkatkan exercise tolerance atau memengaruhi respons tubuh ketika melakukan aktivitas fisik,” ungkapnya. 


((Mandi air hangat yang benar adalah kamu mandi di temperatur 37-38 derajat celcius dan tidak lebih dari 10 menit. Foto: Ilustrasi. Dok. Unsplash.com)

Ia mengatakan mandi air hangat bisa membuat orang awet muda karena kegiatan ini membuat tubuh mengeluarkan hormon-hormon yang baik.

“Jadi pada saat kita terstimulus dengan air yang hangat. Stimulus itu akan terbawa ke otak dan di otak akan mengeluarkan hormon yang menyenangkan. Ada dopamin yang biasanya kita sebut sebagai hormon perasaan senang. Lalu, serotonin yang membuat kita mudah tidur, terasa segar dan awet muda,” ujarnya.

Lebih lanjut, dr. Fitri mengatakan saat mandi air hangat kamu juga akan mendapatkan hormon oksitosin yang dikenal sebagai hormon cinta. "Endorfin merupakan hormon penghilang rasa sakit. Jadi, mandi juga dapat menghilangkan stres dan semua ini bikin awet muda,” tutup dr. Fitria. 
(yyy)

MOST SEARCH