BEAUTY

Patut Dicoba, 5 Cara Mudah agar Lipstik Awet dan Tahan Lebih Lama

Yuni Yuli Yanti
Jumat 01 Juli 2022 / 08:00
Jakarta: Make up yang tahan lama tentu dapat menunjang penampilan agar kamu selalu terlihat menarik dan cantik seharian. Sayangnya, lipstik menjadi salah satu produk make up yang paling mudah luntur. Nah, supaya lipstik awet sepanjang hari, ada lima cara mudah yang bisa kamu lakukan seperti dikutip dari L'oreal Paris berikut ini:
 

Eksfoliasi

Bibir yang kering dan pecah-pecah tentunya membuat aplikasi lipstik tidak dapat bertahan lama. Karena itulah, ada baiknya kamu melakukan eksfoliasi bibir dengan lembut menggunakan scrub bibir dan menyekanya dengan kapas lembut. 

Setelah itu, berikan nutrisi kelembapan bagi bibir dengan mengoleskan lip balm atau petroleum jelly yang mudah menyerap. Biarkan sebentar sebelum memulaskan lipstik agar lipstik tahan lama.
 

Gunakan foundation atau concealer

Setelah itu, gunakan foundation atau concealer tipis-tipis dan ratakan ke seluruh bibir. Hal ini bermanfaat sebagai primer untuk menyatukan lipstik dengan bibir sehingga warnanya akan lebih tahan lama dan bahkan lebih menyala. Jika kamu memiliki warna kulit yang gelap, hal ini juga dapat membantu meningkatkan warna asli lipstik agar lebih terang. 


(Eksfoliasi bibir dengan lembut menggunakan scrub bibir dan menyekanya dengan kapas lembut. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
 

Pakai Lip Liner

Pemakaian lip liner yang biasanya hanya sebatas untuk mempertegas bentuk bibir rupanya menjadi salah satu kunci untuk membuat lipstik tahan lama. Tak hanya di ujung bibir saja, lip liner sebaiknya digunakan untuk mengisi bibir sebelum mengaplikasikan lipstik.

Tekstur lip liner yang lebih kering dapat menjadi lapisan yang baik agar warna lipstik lebih memukau dan pastinya tetap terjaga. Agar menghasilkan warna bibir yang tampak natural, kamu dapat menggunakan lip liner dengan warna yang mirip dengan warna lipstik.


(Kuas merupakan kunci agar lipstik tahan lebih lama. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
 

Gunakan kuas

Pemilihan aplikator lipstik juga merupakan kunci agar lipstik tahan lama. Gunakan aplikator berbentuk kuas untuk memulaskan lipstik di bibir agar lebih merata dan berbaur dengan mulus. Penggunaan lipstik yang sudah memiliki aplikator kuas tentunya sangat memudahkan, salah satunya adalah liquid lipstick.
 

Set dengan bedak tabur

Setelah menggunakan lipstik, aplikasikan bedak tabur atau translucent powder untuk mengunci warna lipstik. Lapisi bibirmu dengan selembar tisu, lalu aplikasikan bedak tabur menggunakan kuas secara merata. Kiat ini juga dapat digunakan untuk membuat lipstik terlihat lebih matte.
(yyy)

MOST SEARCH