GADGET TIPS

6 Tips Sebelum Membeli CCTV untuk Rumahmu

A. Firdaus
Minggu 12 Juni 2022 / 17:14
Jakarta: CCTV atau kamera pengintai sudah menjadi kebutuhan setiap kalangan. Bahkan pemilik rumah pribadi pun banyak yang memasang CCTV untuk kepentingan keamanan tempat tinggal mereka.

CCTV digunakan untuk meminimalisir hal yang tidak diinginkan seperti contohnya kemalingan, atau peristiwa lain di luar kendali yang tidak dapat dilihat secara langsung dan memerlukan rekaman sebagai alat bukti.

Seiring berjalannya waktu, CCTV yang pada dasarnya adalah kamera yang disambungkan ke monitor agar bisa dipantau, saat ini sudah dipermudahkan dengan penggunaan koneksi wireless dan juga internet. Sehingga dapat dipantau dari smartphone mu masing-masing.

"Faktor kejahatan yang semakin marak terjadi di Jakarta, menjadi salah satu alasan penting kami untuk membuat produk satu ini sebagai pengawas di rumah untuk mencegah dari hal yang tidak diinginkan. Solusi memiliki CCTV dengan mudah, simpel, dan bisa diakses di manapun berada dengan biaya terjangkau serta fitur kekinian yang semakin menambah rasa aman dan nyaman pengguna," Ungkap Anthoni Roderick P. Selaku Public Relations Olike Indonesia.

Bagi kamu yang memang ingin memasang CCTV di rumah, ada kalanya menerapkan tips sebelum membelinya:
 

1. Persiapkan lokasi pemasangan CCTV


Kamu harus menentukan tempat mana yang akan kamu pasangkan CCTV. Umumnya masyarakat awam memasang CCTV untuk area bisnis atau rumah guna mengawasi keamanan lingkungan sekitar. Jadi kamu tentukan area yang strategis untuk memasang CCTV. Jika bingung, kamu dapat bertanya ke pihak yang menyediakan jasa jual dan pasang CCTV.

Disarankan kamu menempatkan CCTV di wilayah yang menjadi prioritas utama. Jika di rumah, kamu dapat memprioritaskan area pintu depan dan pintu belakang yang mana banyak orang masuk dan keluar melalui jalan tersebut. Untuk bisnis, kamu bisa memprioritaskan pintu masuk dan area kasir atau pembayaran untuk meminimalisir tindak kejahatan.

Apabila kamu ingin memasang CCTV di dalam ruangan, maka kamu dapat menggunakan CCTV indoor. Sebaliknya, jika membutuhkan pemasangan di luar ruangan maka kamu dapat menggunakan CCTV outdoor.

Masing-masing kamera memiliki keunggulan. Misalnya, CCTV indoor memiliki daya jangkau gambar yang lebih luas, sedangkan CCTV outdoor dapat merekam gambar dengan pencahayaan yang minim berkat fitur night vision dan infrared.
 

2. Fitur nirkabel


Bagi kamu yang memang memasangnya di dalam ruangan, disarankan memilih CCTV mempunyai koneksi nirkabel dan menggunakan Wi-Fi. Dengan begitu, kamu bisa mengaksesnya melalui berbagai perangkat, baik Windows, Android, dan iOS.

Jika kamu ingin melihat dari laptop, bisa menampilkan hingga 64 fram CCTV, dan jika menggunakan tab ataupun smartphone, bisa menampilkan hingga 9 frame CCTV. Hal ini membuat semakin mudah melihat situasi rumah melalu perangkat apapun, di manapun dan kapanpun selama CCTV tersebut terhubung dengan koneksi Wi-Fi. Fitur-fitur canggih ini bisa juga kamu dapatkan di perangkat Olike CCTV OM-H1.
 

3. Resolusi gambar


Untuk resolusi gambar, CCTV dengan camera 2MP yang dimiliki Olike OM-h1 ini dapat merekam video hingga kualitas Full HD 1920 x 1080P dengan format video H.264, namun kamu tetap bisa memilih rekaman dalam kualitas HD maupun SD.
 

4. Night Vision


Pilih CCTV yang memiliki tekonologi IR CUT atau Infrared Night Vision berukuran 850nm yang mampu merekam kondisi minim cahaya hingga jarak 7 meter, dan tetap memberikan gambar yang jelas dan tidak noise. Teknologi ini mampu melakukan perpindahan gambar siang hari dan malam hari sehingga tetap dapat merekam keadaan ruangan yang gelap atau minim cahaya dengan kualitas yang baik.
 

5. Smart detection alarm


Jangan lupa pula memilih CCTV dengan fitur smart detection alarm yang mampu memantau setiap pergerakan disekitar CCTV yang dapat memberikan pesan peringatan ke perangkat yang kamu gunakan jika ada pergerakan. Semua fungsi fitur ini bisa diatur melalui aplikasi pendukung.
 

6. Penempatan DVR


DVR atau Digital Video Recorder adalah perangkat penting yang fungsinya merekam gambaran kamera CCTV. Untuk pemakaian rumahan, DVR umumnya ditempatkan di kamar tidur pemilik rumah atau tempat lain yang sering dikunjungi oleh pemilik rumah, namun jauh dari jangkauan umum.
(FIR)

MOST SEARCH