GADGET TIPS

4 Langkah Mudah Scan QR Code dari Smartphone-mu

A. Firdaus
Jumat 10 Juni 2022 / 11:11
Jakarta: QR Code yang merupakan singkatan dari Quick Response Code adalah teknologi yang memudahkanmu melakukan beragam aktivitas. Biasanya pada zaman Pandemi ini, penggunaan scan QR Code kerap dilakukan ketika kamu hendak masuk ke mal, restoran, atau ke tempat wisata.

Cara scan QR Code sangat mudah, kamu cukup mengarahkan kameramu yang sudah membuka aplikasi Google ke QR Code di poster, brosur, atau media cetak lainnnya.

Tapi ada kalanya kamu menemukan QR Code yang memang sudah ada di media digital dan media sosial smartphone-mu. Yang menjadi kesulitan, QR Code tersebut sudah berada di smartphone-mu, sehingga kamu kebingungan melakukan scan. Nah, untuk kamu yang merasa bingung, berikut beberapa langkah scan QR Code dari smartphone:
 

1. Install aplikasi QR & Barcode Reader


Langkah yang pertama, kamu harus lebih dulu menginstal aplikasi QR & Barcode Reader. Aplikasi QR & Barcode Reader bisa digunakan secara gratis, baik itu dari sistem operasi Android maupun iOS.



Aplkiasi QR & Barcode Reader juga tidak akan menghabiskan kapasitas penyimpanan internal HP-mu, karena hanya berukuran 5MB saja. Jadi jangan khawatir ya!
 

2. Buka aplikasi QR & Barcode Reader


Setelah kamu mengunduh aplikasi QR & Barcode Reader di handphone-mu, saatnya kamu buka aplikasi tersebut. Pada tampilan awal kamu cukup langsung mengklik tombol 'Scan Image', karena akan memindai QR Code dari gambar yang ada di dalam penyimpanan internal handphone.

Setelah memilih opsi 'Scan Image' kamu akan diarahkan ke daftar gambar serta foto yang ada di dalam smartphone-mu. O iya, di sini juga kamu bisa melakukan scan QR Barcode dari luar media, seperti yang bisa digunakan di aplikasi Google.
 

3. Pilihlah gambar QR Code yang mau kamu pindai






Kamu harus memastikan gambar atau foto yang berisi QR Code tersebut memiliki kualitas yang baik, agar aplikasi bisa membacanya dengan maksimal. Ketika sudah yakin, cukup klik foto maka kemudian aplikasi QR & Barcode Reader akan memberikan opsi kepada kamu untuk melakukan crop ke area yang terdapat QR Code saja.

Lakukan crop jika QR Code berukuran kecil atau terletak di area yang dirasa sulit dipindai oleh aplikasi.
 

4. Hasil scan akan muncul


Kamu tidak perlu menunggu, karena dalam hitungan sepersekian detik aplikasi ini bisa menampilkan hasil scan secara lengkap dari sebuah QR Code.

Tergantung dari isi QR Code yang dipindai, hasil yang akan ditampilkan dapat berupa tautan ke sebuah website, formulir daring, alamat, atau hal lainnya. Cukup menekan di salah satu pilihan hasil yang muncul untuk diarahkan ke konten di dalam QR Code. Mudah bukan!
(FIR)

MOST SEARCH