End Google Analytics -->
INTERIOR

Decluttering dan Organizing, Solusi Menata Ruangan agar Lebih Enak Dipandang

Medcom
Kamis 03 November 2022 / 15:18
Jakarta: Tren dapur saat ini memiliki ciri khas peralatan memasak yang satu warna dan multifungsi. Selain itu bumbu masak yang diletakan di botol kaca yang senada kerap menjadi inspirasi banyak orang untuk mengubah tampilan dapur menjadi rapi dan apik.

Tidak sedikit masyarakat yang memiliki dapur sempit, namun bingung untuk menyesuaikan barang-barang mereka agar terlihat rapi. Kegiatan tata dapur pun diperlukan untuk menciptakan dapur yang lebih nyaman untuk dipandang.

Kamu bisa mencoba tren menyusun barang-barang di rumah dengan rapi, khususnya dapur. Tren kegiatan decluttering dan organizing namanya. Kegiatan ini semakin marak dan digemari oleh masyarakat beberapa tahun belakangan ini sejak adanya pandemi.

Ketika pandemi di mana masyarakat diharuskan untuk memusatkan aktivitas mereka dari rumah, mereka menyadari kondisi rumah yang kurang rapi dan penuh, sehingga decluttering dan organizing menjadi solusi yang bisa dilakukan.

Kamu bisa menggunakan barang-barang seperti rak, kotak, dan lemari kayu yang dapat dimaksimalkan untuk penyimpanan peralatan hingga bumbu dapur. Kamu juga harus memahami peletakan barang yang tepat dan pintar memilah barang-barang yang perlu digunakan atau tidak.

“Pertama coba untuk membayangkan atau mencari contoh gambar bagaimana hasil akhir dari dapur yang sudah rapi dan bersih. Pasti memasak jadi lebih mudah dan menyenangkan, kan? Nah ini dapat menjadi sumber motivasi untuk memulai organizing,” kata Ivanno Viva, Founder Cabin Neat dari keterangan pers Shopee Virtual Media Briefing.

“Dan ketika ada barang-barang yang sudah kita lupakan tapi ternyata kembali ditemukan, artinya barang itu sudah harus disumbangkan agar berguna bagi orang lain. Inilah mindset yang harus dimiliki ketika memulai decluttering dan organizing,” lanjutnya.

Kamu bisa mulai dengan memilah barang yang digunakan atau tidak, menyusunkan ke dalam wadah seperti rak atau kotak, lalu menatanya dengan rapi. Warna senada sesuai dengan dinding atau alat-alat di dapur menjadi kunci tambahan dapur terlihat menarik.

Pemilihan barang seperti rak pun perlu diperhatikan dari sisi bahan. Untuk hasil yang lebih menarik namun mudah untuk diperoleh barangnya, bisa menggunakan bahan dasar kayu, karena akan lebih kuat dan tahan lama, serta memberi kesan alami.

Dari segi design, furniture kayu pun lebih fleksibel dan memiliki banyak tingkat tekstur warna dan pola yang memberikan sentuhan estetik. Dan dari harga, furniture berbahan kayu jauh lebih murah dan bisa disesuaikan dengan budget yang dimiliki masing-masing orang.

Aulia Putriningtias
 
(FIR)

MOST SEARCH