FITNESS & HEALTH

Tetap Fit, Ini Beberapa Olahraga yang Bisa Kamu Lakukan saat Puasa

Raka Lestari
Jumat 08 April 2022 / 16:16
Jakarta: Berolahraga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Namun ketika memasuki bulan Ramadan, tak jarang orang-orang memilih untuk tidak berolahraga karena takut merasa lapar dan haus.

Padahal sebenarnya ada beberapa jenis olahraga yang tetap bisa kamu lakukan, meskipun sedang melakukan ibadah puasa. Berikut ini adalah beberapa jenis olahraga yang bisa kamu pilih untuk dilakukan saat berpuasa:
 

1. Jogging dan jalan cepat


Jogging adalah pilihan olahraga sore menjelang berbuka yang dapat kamu pilih. Lakukan jogging ringan selama 20-30 menit pada sore hari. Lakukan jogging dengan intensitas santai dan ringan mengan mengatur ritme jogging supaya tidak membuatmu dehidrasi.

Selain jogging, jalan cepat adalah alternatif tepat yang dapat dilakukan menjelang berbuka. Jalan cepat yang dilakukan selama kurang lebih 30 menit akan membantu menjaga keseimbangan tubuh saat berpuasa. Selain itu jalan cepat juga lebih sedikit memakan energi tubuh, jadi kamu tak mudah merasa lelah.
 

2. Bersepeda


Olahraga yang kamu dapat lakukan selanjutnya adalah bersepeda di sore hari dengan santai sambil menunggu waktu berbuka. Olahraga sederhana satu ini dapat menjaga kebugaran tubuh. Bersepeda selama 45 menit juga dapat membakar kalori yang dapat menurunkan berat badan.
 

3. Yoga


Ketika puasa mungkin kamu akan merasa lebih lemas dan malas untuk berolahraga. Tapi kamu bisa mencoba yoga, olahraga santai dan tidak memerlukan banyak energi sehingga cocok dilakukan saat puasa di bulan Ramadan.

Selain itu kamu tak perlu keluar rumah untuk melakukan yoga. Kamu bisa beryoga sambil menunggu waktu berbuka puasa di rumah. Persiapkan diri untuk melakukan gerakan-gerakan yang tidak terlalu menguras tenaga.
 

4. Taichi


Jenis olahraga ini juga dapat menjadi pilihan selama berpuasa. Taichi merupakan bentuk halus dari bela diri yang mengkombinasikan pernapasan dan gerakan seperti tarian. Semua orang bisa mencobanya, terutama bagi mereka yang berusia lanjut.
(FIR)

MOST SEARCH