End Google Analytics -->
FITNESS & HEALTH

Catat! Ini Durasi Tidur yang Ideal Sesuai dengan Usiamu

Medcom
Sabtu 05 November 2022 / 18:10
Jakarta: Tidur menjadi aktivitas yang penting untuk dilakukan. Aktivitas ini memiliki banyak manfaat, salah satunya agar tubuhmu tetap sehat.

Selama ini kita lebih mengetahui bahwa tidur malam yang baik adalah memakan waktu sekitar 6 hingga 8 jam. Jika kurang dari waktu tersebut, dikhawatirkan akan membuat fungsi tubuh dan konsentrasi menurun. Padahal tidak begitu juga lho.

National Sleep Foundation dari Amerika Serikat menyarankan waktu tidur berbeda-beda untuk setiap usia. Waktu ini dipecah menjadi sembilan kelompok usia, untuk mendapatkan manfaat tidur yang lebih baik.

Adapun waktu tidur yang disarankan, antara lain:

- Baru lahir (0-3 bulan) = 14-17 jam.

- Bayi (4-11 bulan) = 12-15 jam.

- Balita (1-2 tahun) = 11-14 jam.

- Pra-sekolah (3-5 tahun) = 10-13 jam.

- Usia sekolah (6-13 tahun) = 9-11 jam.

- Remaja (14-17) = 8-10 jam.

- Anak muda (18-25 tahun) = 7-9 jam.

- Dewasa (26-64 tahun) = 7-9 jam.

- Lansia (65 tahun lebih) = 7-8 jam.

Setelah melihat rekomendasi di atas, maka penting untuk merenungkan kebutuhan pribadi tidurmu berdasarkan faktor-faktor seperti tingkat aktivitas dan kesehatanmu secara keseluruhan.

Dan yang terakhir, tentunya perlu menerapkan tips tidur yang sehat agar kamu benar-benar bisa mendapatkan tidur malam yang direkomendasikan. Sehingga, kamu dapat tertidur dengan tenang dan nyenyak.

Untuk meningkatkan kualitas tidur, kamu perlu melakukan hal-hal ini:

- Tidur sesuai dengan jadwal yang dibuat.

- Memastikan bahwa kamu tidur di tempat yang nyaman.

- Meminimalkan potensi gangguan cahaya dan suara serta suhu saat ingin beranjak tidur.

- Memutuskan untuk tidak memantau gadget minimal setengah jam sebelum tidur.

- Memantau asupan kafein.

Aulia Putriningtias
 
(FIR)

MOST SEARCH