KULINER

Ini Beberapa Pengganti Telur Jika Kamu Ingin membuat Vegan Cake

Raka Lestari
Sabtu 09 April 2022 / 18:10
Jakarta: Telur merupakan salah satu bahan yang paling penting dalam adonan ketika ingin membuat kue. Faktanya, penggunaan telur bisa dianggap sebagai 'lem' yang bertujuan untuk menyatukan berbagai bahan di banyak resep kue.

Namun ada beberapa orang yang memilih untuk tidak menambahkan telur pada adonan kue mereka. Entah itu karena alergi atau memang karena seorang vegan. Dilansir dari Women's Health, berikut ini adalah beberapa bahan makanan pengganti telur untuk adonan vegan cake:
 

1. Alpukat


"Seperempat cangkir alpukat yang dihancurkan dapat menjadi pengganti telur di dalam makanan yang dipanggang, yang juga bisa menggantikan minyak. Jika kamu khawatir warna hijau dari alpukat dapat merusak tampilan kue, usahakan untuk menghancurkan alpukat lebih halus dari biasanya," menurut Bonnie Taub-Dix, RDN, pencipta BetterThanDieting.com.
 

2. Flax dan chia seeds


Kocok satu sendok makan flax seeds atau chia seeds dengan tiga sendok makan air. Kemudian, istirahatkan campuran tersebut untuk memungkinkan air menyerap dan mengembang. Gunakan campuran tersebut untuk memanggang atau mengentalkan saus.
 

3. Puree pisang


Pisang juga berfungsi sama seperti alpukat, dapat digunakan sebagai pengganti telur. Hancurkan pisang sampai menjadi puree kemudian kamu bisa menggunakannya sekitar seperempat cangkir untuk mengganti satu telur.

"Puree pisang ini bagus untuk semua makanan yang dipanggang," kata Taub-Dix.
 

4. Selai kacang


Ternyata, selai kacang juga bisa menjadi pengganti telur yang baik. Taub-Dix mengatakan untuk menambahkan sedikit cairan yang kamu sukai seperti air atau susu almond dengan tiga sendok makan selai kacang. Gunakan campuran tersebut sebagai resep alternatif jika kamu tidak ingin menambahkan telur atau ingin menambahkan rasa kacang pada kue buatanmu tersebut.
 

5. Tahu


Hancurkan seperempat cangkir tahu hingga mencapai konsistensi yang sempurna, yang kemudian dapat kamu gunakan dalam segala jenis adonan kue yang dipanggang. Kamu sebisa mungkin harus membuatnya memiliki tekstur yang creamy.

"Tofu juga bisa dijadikan sebagai pengganti telur ketika kamu ingin membuat scrambled egg. Cukup tambahkan bumbu, topping kesukaan, dan kamu pun sudah mendapatkan sarapan yang mengandung protein," pungkas Dix.
(FIR)

MOST SEARCH